Home / Kab.SBB / Sumber Ikan Melimpah, Pemdes Waisarissa Berencana Lakukan Pengadaan Rumpon

Sumber Ikan Melimpah, Pemdes Waisarissa Berencana Lakukan Pengadaan Rumpon

WAISARISSA,N25NEWS.COM / Didorong oleh melimpahnya sumber ikan di Laut Seram, tetapi Masyarakat Desa Waisarissa malah lebih banyak membeli ikan di Pasar, maka Pemerintah Desa Waisarissa  berencana melakukan pengadaan  dua unit Rumpon Ikan.

Pejabat Kepala Desa Waisarissa, Julius Paunno saat ditemui di kantornya, Senin (22/10/2018) menyatakan, program ini ditujukan bagi pemberdayaan masyarakat, dengan nama program Pengembangan Usaha  Kelompok Nelayan yang dananya  dianggarkan sebesar Rp 50 Juta.

Paunno mengharapkan, dengan adanya pengadaan Rumpon ini  dapat membuka lapangan pekerjaan  masyarakat  Desanya, sehingga dapat berimbas pada meningkatnya tingkat kesejahteraan Masyarakat. “Lewat Dana Desa yang telah dikucurkan Pemerintah Pusat , maka Saya lebih memprioritaskan pada pemberdayaan Masyarakat, sehingga perekonomian  di Desa makin berkembang” ungkap Paunno.

Bantuan dua Unit   Rumpon Ikan ini, diharapkan menjadi stimulan untuk dapat lagi dibuat Rumpon Ikan yang lainnya “Katong sengaja kasih dua buah Rumpon Ikan ini,  buat dua kelompok nelayan, supaya  mungkin kedepan ada Rumpon-Rumpon lainnya yang beranak dari kegiatan penangkapan ikan dari kedua Rumpon itu, “jabar Paunno.

Paunno berharap setelah pengadaan Rumpon, maka di Tahun 2019 lewat Rencana Kerja Program RKP Desa,   diusulkan  juga pengadaan body motor,  sehingga penangkapan ikan  bisa berjalan  maksimal di Rumpon,  agar nantinya Rumpon/Sero milik Desa itu tidak lagi beroperasi body milik orang lain, tetapi body milik Pemdes sendiri.

Sebelumnya , saat media ini bersama  Pejabat Desa, Julius Paunno dan Sekretaris, Maichel Parihala mengunjungi pembuat Rumpon,  yang bernama Ari Tapilatu, pada Sabtu,(13/10) lalu di kediamannya.

Tapilatu menjelaskan bahan pembatan Rumpon itu dari Kayu Nani yang cukup kuat dan tahan lama, Ia menjelaskan setelah selesai membuat rangkanya, barulah rangka tersebut dipikul ke tepi pantai untuk dibuatkan rumah dan dipasang  lampunya.

Untuk menghemat biaya BBM, maka untuk lampu  di pasang lampu dengan teknologi  sinar matahari/ solar cell, pasalnya menurut Tapilatu  jika menggunakan bensin maka boros BBM.

Tapilatu menjelaskan usaha Rumpon/ Sero sangat potensial,jika dikerjakan dengan serius maka dalam jangka waktu beberapa bulan maka biaya pembuatan Rumpon/Sero sudah bisa kembali, pasalnya jika saat ikan banyak satu kali penangkapan bisa meraup ikan Lema/kembung , sebanyak 20 bakul dan ikan Sarden 30 bakul.

Dijelaskan Tapilatu, saat ini Ia juga memiliki satu Rumpon yang telah beroperasi selama empat Tahun, rumpon tersebut terbuat dari Kayu Mintanggor yang kurang begitu kuat, diperkirakan tiga tahun lagi baru diganti kayunya.

Tapilatu membeberkan, Rumponnya itu pulang modal setelah beroperasi selama satu tahun, pasalnya selain tidak memiliki body sendiri, uang hasil penangkapan ikan juga banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari

 

Oleh : Nicko Kastanja

About admin

Check Also

Pengurus Assosiasi Pedagang Pasar Rakyat Kota Piru Di Lantik Bupati

PIRU,N25NEWS.COM– Sesuai SK Bupati SBB nomor 510-445 Tahun 2018, Bupati SBB Drs H. Muh Yasin …