SUPM Waiheru tingkatkan status menjadi Politeknik KP

AMBON,N25NEWS.COM – Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Waiheru, Ambon, tahun ini meningkatkan statusnya menjadi Politeknik Kelautan dan Perikanan Maluku. Hal ini didukung oleh Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dimana Pengelolaan Pendidikan Menengah dan Pengelolaan Pendidikan Khusus menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi dan Peningkatan peran dalam melaksanakan INPRES Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK. Dengan memiliki visi “Menjadi Center of Excellent Ahli Madya Perikanan yang Profesional, Mandiri dan Berjiwa Wirausaha di Indonesia Timur Tahun 2024″.

Sekretaris Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM), Maman Hermawan, mengatakan, salah satu prasyarat utama untuk menjadi negara maju dan besar adalah dukungan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kualitas unggul sehingga memiliki daya saing global yang tinggi.

“Oleh karena itu, Indonesia harus mendorong investasi SDM guna menghasilkan tenaga kerja yang kompeten dan menguasai teknologi sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi tinggi,” katanya saat ditemui awak media usai melaunching pembangunan Gedung Rektorat Politeknik KP Maluku, Rabu, (6/3/2019).

Dia mengaku, ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang menyampaikan bahwa fokus pemerintah saat ini adalah investasi di bidang SDM. Sehingga titik alokasi anggaran APBN 2019 akan betul-betul terfokus kearah tersebut untuk mendukung, menopang peningkatan sumber daya manusia.

“Potensi sumber daya perikanan di Provinsi Maluku akan lebih bermanfaat jika didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi inovasi. Untuk membangun kelautan dan perikanan di masa depan, keberadaan SDM berkualitas dan terampil menjadi faktor utama keberhasilan pembangunan kelautan dan perikanan yang memiliki spesifikasi dan spesialisasi seperti halnya Politeknik KP. Pembangunan Politeknik KP Maluku yang direncanakan adalah pendidikan vokasional yang mampu mencetak SDM handal dan profesional yang memiliki kompetensi dan sertifikasi serta mampu menjembatani dunia pendidikan tinggi dengan dunia kerja serta kebutuhan pasar kerja secara nyata,” ungkapnya.

Editor : Redaksi

About admin

Check Also

Laturiuw,SMA Kristen YPKPM Bangga Miliki 1 Kelompok Drum Band

AMBON,25NEWS.com-Kepala Sekolah SMA Kristen YPKPM Ambon,Eliana Laturiuw,memgatakan,sekolanya yang berlokasi di negeri Urimesing ini patutlah berbangga …

×

N25NEWS.com