Breaking News

Taat Bayar Pajak, Pemkot Raih Penghargaan

AMBON,N25NEWS.COM – Dengan partisipasi yang baik oleh masyarakat Kota Ambon dalam memberikan kontribusi bagi peningkatan pendapatan pajak di Provinsi Maluku khususnya di Kota Ambon, pada tahun 2018 kemarin melampaui target sebagaimana yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan secara Nasional, berhasil mengumpulkan sebanyak 1,6 Triliun dibandingkan dengan dengan Tahun 2017 yakni 1,4 Triliun. Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mendapatkan penghargaan dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ambon.

Pelaksanan Tugas (Plt) Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ambon, Rachmad Auladi secara langsung menyerahkan Piagaram Penghargaan tersebut kepada Walikota Ambon, Richard Louhenapessy pada saat apel pagi bersama seluruh stake holder Pemkot, yang berlangsung di Halaman Belakang Balai Kota Ambon, Kamis (7/2/2019)

Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ambon memberikan Piagaram Penghargaan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, atas kontribusi yang diberikan dalam rangka mengamankan penerimaan negara melalui pemenuhan kewajiban perpajakan.

“Ini merupakan sebuah apresiasi yang luar biasa, tingkat keberhasilan ini juga menunjukan tingkat kesadaran dari warga masyarakat yang semakin sadar hak dan kewajibannya sebagai seorang WNI, untuk itu atas prestasi yang diraih pada tahun 2018 maka pada Tahun 2019 ini target yang dipatok adalah 1,9 Triliun,” ungkap Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dalam sambutannya usai menerima penghargaan tersebut.

Ia mengatakan, hal tersebut terkait erat dengan peningkatan pelayanan publik bagi masyarakat, sehingga apabila hak-hak masyarakat dapat terlayani serta terpenuhi dengan minimal dalam rangka pemenuhan standar minumum maka kewajiban pun akan dipenuhi dengan baik.

“Upaya-upaya untuk ini terkait erat dengan soal peningkatan pelayanan publik bagi masayrakat, kalau hak-hak masyarakat itu dapat kita layani dan penuhi minimal dalam rangka pemenuhan standar minumum, saya optimis bahwa kewajiban-kewajiban masyarakat ini juga akan dipenuhi dengan baik,” akui Louhenapessy.

Louhenapessy menghimbau, kepada seluruh SKPD untuk dapat saling menjaga posisi, maka tidak saling menyalahkan satu dengan yang lain untuk bekerja sesuai dengan tupoksinya masing-masing, sehingga dapat mencapai target yang telah dipatok untuk tahun ini yakni 1,9 Triliun.

Baca juga :   Pemkot Ambon Kembali Gelar Pasar Murah di Air Besar, Desa Batu Merah

“Tidak usah kita saling menyalahkan, kalau ada SKPD yang satu bilang ini kerja tidak betul tidak usah PU mempersalahkan keuangan tidak usah keuangan mempersalahkan PU karena terlambat entri, tidak usah masing-masing saja bekerja dengan posisinya, dan auput akan kita dapat semaksimal mungkin itu kuncinya, tetapi kalau saudara bekerja dengan saling menyalahkan, saling mementingkan diri sendiri jangan 1,9 bahkan 1,4 pun tidak akan kita dapatkan untuk membakeup ini kantor pratama pajak di sini,” jelasnya.

Ia mengingatkan, kepada seluruh SKPD bahwa penghargaan yang didapat adalah bonus dari hasil kerja yang bagus, sehingga kedepannya lagi dapat meningkatkan kinerja dan berkonsisten dalam bekerja sehingga hasil yang didapat lebih baik lagi kedepannya.

“Kita tidak bisa menilai diri sendiri, orang yang menilai, kalau penilai itu memakai kacamata riben tetap bagus saja, tetapi kalau penilai itu pakai kacamata sakit, tetap sakit saja, jadi harus tetap konsisten dalam bertugas, tidak usah pikir-pikir, apalagi negative tingking,” tuturnya.

Selain itu, Plt Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ambon, Rachmad Auladi pada kesempatan yang sama menambahkan, KP3A (Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ambon) memberikan apresiasi kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk yang ada di Lingkup Kota Ambon yang ditahun 2018 ikut membantu, dan mendukung sehingga penerimaan pajak dapat mencapai 1,6 Triliun, dan berhasil mendapatkan penghargaan.

Auladi berharap, Walikota Ambon beserta seluruh Pejabat dan ASN kedepannya dapat menjadi penyambung untuk memberikan kesadaran terhadap perpajakan bahwa pajak itu bukan untuk pemberitaan tetapi pajak itu justru sebagai pahlawan, dan pajak itu mempunyai persyaratan baru bisa melakukan pembayaran.

“Walikota pejabat-pejabat dan seluruh anggota ASN juga bisa memberikan contoh kepada masyarakat untuk menjadi duta-duta pajak, memberikan panutan kepada masyarakat, sehingga akan kami sampaikan kepada masyarakat bahwa seluruh pejabat, ASN Pemkot patuh kepada kewajiban perpajakan, dan saya harap nantinya dapat berkembang diseluruh masyarakat Kota Ambon khusus pada Wilayah Provinsi Maluku pada Umumnya,” harapanya.

Penulis : Mendy S

Editor . :Redaksi

About admin

Check Also

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pemkot Gelar Pasar Murah

AMBON,N25NEWS.COM– Jelang Hari Raya Idul Fitri 1 Syahwal 1440H Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas …