Home / Kab.Bursel / Tagop : KEK Banda Harusnya Jadi Kewenangan Pemda Maluku

Tagop : KEK Banda Harusnya Jadi Kewenangan Pemda Maluku

AMBON,N25NEWS.COM – Kawasan Ekonomi Khusus terkait Banda merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Maluku.

Hal ini diakui oleh Bupati Buru Selatan, Tagop Soedarsono Soulisa kepada awak media ,Saat ditemui pada sela-sela acara Musrembang RKPD Provinsi Maluku Tahun 2019 yang berlangsung di gedung Baileo Siawalima Ambon, Kamis (12/04).

Dirinya mengatakan bahwa KEK Banda itu menjadi kewenagan Provinsi Maluku
Diakuinya bahwa Pemerintah daerah (Pemda) Maluku.

“Pemda seharusnya berperan penting dalam melihat potensi-potensi yang ada. yang saya mau itu ada dorongan dari pemda untuk memndukung Buru Selatan yang notabenenya lebih potensial,KEK Banda itu hanya satu sector saja bisa menjadi sector unggulan,komoditinya hanya Pariwisata,”jelasnya.

Lebih lanjut Soulisa menjelaskan bahwa kalau hanya untuk pariwisata mengapa harus KEK ? untuk itu kita harus menciptakan berbagai inovasi salah satunya kita buat Kawasan Khusus Wisata.

“Kalau KEK itu kan harus kawasan yang memiliki industri segala macam. Nah, ini yang harus diluruskan makanya kita yang berjuang dari tahun 2011 sampai hari ini, berkasnya telah siap tunggu dokumenya yaitu dokumen Amdal dari Pemerintah Provinsi,”ungkapnya.

“Kemudian kami dari pemerintah Kabupaten juga telah melakukan pembebasan lahan 29 ribu sudah siap dan itu ada investor yang rencananya masuk investasi di Buru Selatan dan ini harus didukung oleh regulasi secara nasional maupun tingkat daerah . Itu kan dokumen-dokumen termasuk rekomendasi, semua sudah ada tinggal yang kita utamakan itu infrastruktur, seperti membangun jembatan, jalan dari Kabupaten ke daerah KEK itu saya sudah koordinasikan dengan kepala Bapeda,”jelasnya.

“Selain itu kita Pemerintah Daerah juga sudah berkoordinasi dengan Kepala-kepala Bidang disana untuk memperhatikan jalan Namlea ke Namrole Buru Selatan. Karena itu jalan Provinsi, jalan Kabupaten terputus ,ternyata setelah saya koordinasikan dengan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) itu sudah jadi jalan strategi nasional pada 2019 ini yang perlu kita lakukan,”tandasnya.(Aris Wuarbanaran)

About admin

Check Also

Anggota Koramil 1506-03/Leksula Membantu Bongkar Tiang Masjid

NAMLEA,N25NEWS.COM – Komandan Rayon Militer (Danramil) 1506-02/Leksula, Lettu Inf Abas Sion beserta 5 orang Bintara …