Tahun Ini Disdukcapil Targetkan 10 Ribu KIA Tercetak

AMBON,N25NEWS.COM – Untuk tahun ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon menargetkan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) sebanyak 10 ribu keping hal tersebut sesuai dengan pengadaan yang telah dilakukan.

“Target 10 ribu sesuai dengan blanko yang kita pengadaan,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Ambon, Selly Haurissa kepada n25news.com di Ambon, Senin (01/14/2019).

Ia mengatakan, untuk sekarang KIA yang tercetak sudah mencapai empat ribuan dan akan terus dicetak untuk anak yang ada di kota Ambon hingga 10 ribu keping. Dan untuk saat ini difokuskan untuk PAUD karena KIA yang dicetak untuk PAUD tidak memerlukan foto tetapi hanya akte kelahiran dan kartu keluarga.

Su 4 ribu lebih, kita sekarang ada gencar untuk PAUD dulu. KIA tetap jalan seperti biasa pengurusan akte kelahiran otomatis dia yang di bawah 5 tahun kita kasih tanpa minta syarat lain karena tidak pakai foto tapi kalau 5 tahun ke atas musti bawa dia punya foto akte kelahiran dan kartu keluarga saja,” katanya.

Walaupun difokuskan untuk PAUD, pihaknya tetap menjangkau sekolah-sekolah yang ada di kota Ambon yang siswanya berhak memperoleh KIA. Namun, diakuinya untuk sekolah masih banyak yang belum dijangkau karena keterbatasan tenaga maupun peralatan.

“Memang sekolah-sekolah kemarin sudah langsung akte kelahiran dengan KIA. Tapi banyak lagi sekolah-sekolah yang kita belum masuk. Kita terbatas di tenaga, peralatan juga,” terang Haurissa.

Tapi ia menjamin seluruh anak yanf ada di kota Ambon dapat memperoleh KIA. Mengingat KIA ini sangat bermanfaat selain berupa identitas anak, pada KIA sudah terdapat Nomor induk Kependudukan dari anak sehingga dapat dipergunakan untuk keperluan seperti pembuatan BPJS kesehatan maupun buku tabungan di BANK.

“KIA ini kan manfaatnya banyak toh. Bisa buka buku tabungan, sekarang bisa urus BPJS Kesehatan segala macam anak-anak sudah mesti pakai KIA. Karena ada NIK,” tutupnya.

Reporter : Mendy S

Editor : Redaksi

Check Also

Beta Sagu Maluku Dukung Agenda Kegiatan Menuju HUT Kota Ambon

AMBON,N25NEWS.com – Dalam rangka memperingati HUT Kota Ambon yang ke444 tahun 2019 ini, Pemerintah Kota …

×

N25NEWS.com