Tangkal Radikalisme Kemenag Maluku Gelar Bina Pahan Keagamaan Bagi Tokoh Agama Di Maluku

AMBON,N25NEWS.com – Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Maluku Desal Musaad mengatakan Persoalan radikalisme telah meresahkan kehidupan beragama masyarakat Indonesia,sehingga radikalisme menjadi perhatian serius Kementerian Agama saat ini.

Untuk menangkal radikalisme kata Musaad,berbagai program di laksanakan di antaranya dialog kebangsaan dan keagamaan, dialog interen umat beragama,dialog antara umat beragama dan saat ubu yang di laksanakan yaitu bina paham keagamaan.

“Program-program inikan konsep yang kita kemas dan di beri nama moderasi beragama,”ujar Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku ini.
Kegiatan Bina Paham Keagamaan di berikan pemahan kepada tokoh-tokoh agama agar mereka bisa membumingkan pemahaman agama yang moderat.

“Moderat itu yang tidak extrim kiri maupun kanan,dia menjadi wasit dengan masyarakat oleh karena itu tugas mereka mengajak umat beragama berpaham moderat,”tandasnya.

Baca juga :   Resmi Gereja Imanuel, Gubernur : Rumah Ibadah Simbol Kehadiran Tuhan

Di katakannya pula,kalau semua berpaham moderat di ibaratkan wasit,kalau semua orang jadi wasit,maka tidak ada pemain jadi semua jadi baik.

“Oleh karena itu mudah-mudahan dengan kegiatan ini mendongkrak kompetensi pemuka-pemuka agama supaya mereka bisa terbarkan ajaran agama yang sesungguhnya misalkan Islam mengajarkan Rahmatan Lil Alamin,”tandasnya.

Jadi ungkap Fesaal Musaad, ini saatnya konsentrasi dari Kementerian Agama untuk memutus mata rantai radikalisme, intoransi dan terorisme di Indonesia melaui pendidikan radikalisasi yang bisa merubah orang yang keras menjadi lunak,menjadi plural,toleran dan moderat.Hal ini katanya menjadi tugas bersama.

Menangkal radikalisme akan terus di dengungkan Kementerian Agama agar Indonesia menjadi Negara yang maju, aman,sejahterah dalam bingkai nilai-nilai agama.
Editor : Redaksi

Check Also

Pulang Kampung, Pentury Bagikan Bantuan Tali Asih ke Dua Desa di SBB

SBB,N25NEWS.com – Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kristen Kementerian Agama (Kemenag) RI, Thomas Pentury …

×

N25NEWS.com