Telah Kadaluarsa, SMAN 1 Salahutu Siap Diakreditasi

AMBON,N25NEWS.COM – Dengan mengacu pada delapan standar penilai sebagai salah satu upayah meningkatkan mutu pendidikan, SMA Negeri 1 Salahutu Maluku Tengah (Malten) siap diakreditasi kembali setelah kurang lebih enam tahun kadaluarsa dengan menyandang status “B”.

“Secara kelembagaan kami suda melakukan persiapan sesuai delapan standar penilaian, awal akreditasi “B” tapi sudah kadaluarsa kurang lebih enam tahun lamanya,”unkap Kepsek SMAN 1 Salahutu saat ditemui di Tulehu, Kamis(1/8).

Terhadap hal tersebut kata Umarella, pihaknya sudah melakukan persiapan dalam bentuk pelayanan terhadap peserta didik serta melengkapi semua adiministrasi sekolah, sebab persyaratan akreditasi minimal semua perlengkapan harus disiapkan, karena akan dinilai oleh tim dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) Madrasah/Sekolah Maluku.

Dari akreditasi “B” keinginan pihak sekolah ingin naik setingkat menjadi akreditasi “A” sesuai dengan pengisian Data Isian Akreditasi (DIA) secara oneline, sebagai bahan penilaian penentuan akreditasi yang mendapat penilaian “A” yang pengisiannya sudah dimulai sejak tahun 2018 kemarin.

Untuk mewujudkan hal tersebut, sambung Kepsek, pihaknya juga membentuk tim dengan melibatkan pengawas menejerial sekolah, dengan tujuan untuk mengisi item-item yang menjadi syarat akreditasi nanti.

Dia berharap, proses akreditasi nantinya bisa berlangsung aman, lancar dan sesuai harapan, sehingga SMA Negeri 1 Salahutu, bisa memperoleh A, “sehingga ada peningkatan perubahan status sekolah dari akreditasii B, menjadi A.

Diakuinya masa kadaluarsa akreditasi “B” sudah selesai sejak tahun 2010 dengan jedah waktu dua tahun dan masuk tahun 2019, maka kurang lebih enam tahun akreditasinya sudah kadaluarsa sehingga perlu diakreditasi kembali.

Hal tersebut perlu dilakukan akreditasi mengingat status siswa yang ingin melanjutkan studinya kejenjang pendidikan lebih tinggi dan penentuan akreditasi sekolah juga akan berpengaruh, terhadap status akreditasi perguruan tinggi.

Selain itu juga berpengaruh pada penerimaan dana BOSda dan BOSnas dan penentuan sekolah melakukan penandatanganan ijazah

“Ini penting, karena misalnya siswa itu mendaftar di perguruan tinggi yang memiliki akreditasi “A” dan kami masih “B” itu tidak diterima sehingga ini sangat menentukan, paska siswa lulus nanti,”tandasnya.

Menyikapi hal tersebut Ketua Badan Akreditasi Nasional (BAN) SM Maluku Abidin Wakano yang hubungi via selulernya menjelaskan, pihaknya melalui tim asesor saat sedang turub melakukan visitasi akreditaai terhadap pengisian data DIA yang untuk tahun ini dilakukan bertahap selama dua kali.

Khusus SMA Negeri 1 Salahutu kata Wakano, penilaiannya akan masuk pada proses tahap kedua sehingga diharapkan pemberian penilaian data DIA secara oneline, nilain akreditasinya sama dengan hasil visitasi dari tim asesor.

“Dong isi DIA dan penilaian internal A, mudah-mudahan bisa dapat A ketika divisitasi nanti oleh asesor. Biasanya ada sekolah/madrasah isi DIA dengan penilaian internal dapat A tapi ketika divisitasi biasanya dapat B atau C, tapi ada juga DIA dengan nilai B bisa juga dapat A,”chat Wakano lewat Whats Appnya.

Editor :Redaksi

About admin

Check Also

Laturiuw,SMA Kristen YPKPM Bangga Miliki 1 Kelompok Drum Band

AMBON,25NEWS.com-Kepala Sekolah SMA Kristen YPKPM Ambon,Eliana Laturiuw,memgatakan,sekolanya yang berlokasi di negeri Urimesing ini patutlah berbangga …

×

N25NEWS.com