Home / Kesehatan / Tempuh Medan Berat Selama 9 Jam, BPJS TK Serahkan Bantuan

Tempuh Medan Berat Selama 9 Jam, BPJS TK Serahkan Bantuan

SERAMAUTARA,N25NEWS.COM –  – Masih hangat di telinga kita pemberitaan bencana kelaparan yang menimpa 117 jiwa penduduk Suku Mausu Ane di Seram Utara Timur Kobi, Maluku Tengah yang sempat viral di harian lokal dan nasional akhir Juli lalu.

BPJS Ketenagakerjaan sebagai badan publik pemerintah yang memberikan perlindungan jaminan ketenagakerjaan kepada pekerja diseluruh Indonesia,memiliki nilai budaya untuk peduli terhadap lingkungan kerja dan lingkungan masyarakat. Untuk itu, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Maluku memberikan bantuan logistik senilai Rp. 40 juta kepada penduduk  Suku Mausu Ane (03/09/2018) berupa beras, mie instant, kopi, teh, gula, minyak goreng, alat masak dan mandi, selimut, , dan sarung,

Bantuan tersebut langsung diserahkan oleh Bapak Iddial selaku Kepala Kantor Cabang Perintis BPJS Ketenagakerjaan Cabang Masohi didampingi Bapak Adi Bagus Kabid Umum & SDM BPJS Ketenagakerjaan Cabang Maluku kepada penduduk Mausu Ane yang diterima secara simbolis oleh Bapak Nikolaus Boiratun Kepala Pemerintah (PapaRaja) Negeri Maneo Rendah disaksikan oleh anggota TNI yang juga turut membantu warga untuk membuat tenda tenda pengungsian dan memberikan edukasi untuk memasak, MCK, perawatan, dll karena menurut PapaRaja penduduk Mausu Ane masih sangat primitif.

Bapak Iddial menjelaskan bantuan ini merupakan bentuk nyata kepedulian BPJS Ketenagakerjaan untuk masyarakat. BPJS Ketenagakerjaan mempunyai program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) setiap tahun yang diberikan amanah oleh pemerintah yang masyarakat lebih dikenal dengan istilah CSR untuk BUMN. Beliau juga mengungkapkan, sudah banyak program TJSL sudah dilaksanakan oleh BPJS Ketenagakerjaan Maluku sepanjang tahun ini seperti Sembako Murah di bulan puasa lalu, Bantuan Motor Sampah kepada Pemkot Ambon, dan Bantuan Hewan Qurban.

PapaRaja sangat berterima kasih kepada pihak BPJS Ketenagakerjaan atas bantuan yang diberikan meskipun harus menempuh perjalanan berat selama 9 jam dari kota Masohi. “Saya berharap semoga yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan bisa menjadi rangsangan bagi instansi atau perusahaan lain untuk memberikan bantuan karena penduduk Mausu Ane masih membutuhkan bantuan lain terutama material bangunan untuk membangum pemukiman”ucap beliau.

Selain TNI, di barak pengungsian tersebut juga ditemui petugas kesehatan honorer yang bertugas untuk memeriksa dan mengobati kesehatan warga yang membutuhkan. Dari hasil bincang-bincang dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan, mereka belum dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan yang mana mereka berhak untuk mendapat perlindungan tersebut karena resiko pekerjaan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.”Sesuai instruksi Gubernur Provinsi Maluku, seluruh pegawai pemerintah non ASN wajib untuk diikutsertakan dalam program BPJS Ketenagakerjaanya yaitu Jaminan Kematian dan Jaminan Kecelakaan Kerja”pungkas Bapak Iddial.

Oleh :EVAN

About admin

Check Also

BPJS Kesehatan Gelar Sosialisasi JKN-KIS Di Kalangan Kepolisian Di Piru

PIRU,N25NEWS.COM – Guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta JKN-KIS terhadap prosedur, hak dan kewajiban serta …