Home / Kota Ambon / Tertibkan kembali Jam Operasi Becak, Dishub Ambon Gelar Sosialisasi

Tertibkan kembali Jam Operasi Becak, Dishub Ambon Gelar Sosialisasi

AMBON,N25NEWS.COM – Dalam rangka melakukan penertiban kembali jam operasi kendaraan roda tiga becak, Pemerintah Kota Ambon dalam hal ini Dinas Perhubungan Kota Ambon kini bersinergi bersama Jasa Raharja menggelar sosialisasi bagi para pengendali becak.

Hal ini diakui oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon, Robby Sapulette usai ditemui wartawan di kota Ambon, Senin (30/07/18).

“Sosialisasi ini bertujuan untuk menertipkan kembali jam beroperasi becak. Dimana kembali kepada aturan lama yakni merah, kuning, putih yang nantinya akan di bagi hari senin dan kamis di peruntuhkan bagi becak berwarna putih,rabu sabtu  becak warna kuning terkhusus untuk hari minggu semua bebas beroperasi,” Tandasnya.

“Hingga satu minggu setelah sosialisasi ini disampaikan, maka akan di berlakukan penertiban yang bersifat pembinaan, setelah minggu berikut penertiban berupa penindakan,” tegasnya.

Menyambung katanya semua pengendara becak di haruskan mengenaka baju sesuai denga warna becak yang beroperasi.

“Becak ini aka dijadikan sebagai transportasi wisata oleh karena itu semua becak di haruskan untuk dimodifikasi dengan memasang stiker ata gambar-gambar yang sifatnya promosi wisata seperti ‘Ambon city of tourisem’ dengan gambar yang memeperlihatkan pemandanga tempat wisata di kota Ambon,” tambahnya.

Dia melanjutkan,sehingga nantinya pada tanggal 7 september nanti sesuai dengan kasepakatan,seluruh becak di kota Ambon sudah harus menggunakan lambang-lambang yang sifanya  mempromosikan pariwisata.

Terkait dengan keamanan para pengendara becak Sapulette menjelaskan Dishub Ambon mengikutsertakan asuransi Jasa Raharja agar nantinya mereka bisa di cover.

“Untuk bisa ikut dalam asuransi ini mereka juga bisa dilindungi, hanya dengan membayar Rp 50.000 per tahun,” katanya.

Jumlah becak yang beroperasi di kota Ambon kini mencapai 2000 buah, dan bagi becak yang sudah tidak layak pakai akan dicabut ijin operasinya, hingga tidak akan ada lagi penambahan kuota becak.

Baca juga :   Acara Penutupan Sekaligus Penyerahan Trophy Pemenang SIDAYR 2018

“Sedang untuk permintaan para pengendara becak yang menginginkan adaya pangkalan khusus pihak Dishub Ambon akan menindaklanjutinya,” tutupnya. (Amy Latuny)

About admin

Check Also

Pemkot Ambon Tegaskan Segera Tetapkan Peta Batas Wilayah

AMBON,N25NEWS.COM – Untuk memperbaharui batas administrasi sebuah pemerintahan, Pemerintah Kota Ambon kini menegaskan kepada seluruh …