Breaking News

Tiga Srikandi Maluku Siap Menuju Kursi DPD RI

AMBON,N25NEWS.COM -Empat dari kursi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI tiga diantaranya ditempati tiga Srikandi asal Maluku.

Ketiga Srikandi tersebut antara lain,
Anna Latuconsina, Novita Anakotta, Dewaningsih, ditambah calon petahana Nono Sampono yang juga berhasil duduk kembali di kursi DPD RI Priode 2019-2024.

Dari data rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku, Senin kemarin, nama Anna Latuconsina disebut sebagai peraih suara terbanyak dengan jumlah 119.091 suara, posisi kedua diraih
Novita Anakotta, dengan perolehan suara 85.862, tempat ketiga dicapai
Mirati Dewaningsih dengan perolegan suara 62.135 dan urutan kempat ditempati calon petahana Nono Sampono dengan jumlah suara 60.934.

Dari riwayat hidup Anna Latuconsina yang terlahir pada tanggal15 Februari 1956 di Ambon,

sebelum maju sebagai anggota DPD RI pada tahun 2009, dirinya merupakan anggota DPRD Maluku priode 1997-1999. Setelah berhasil memperoleh suara sebesar 108.876 suara, Anna Latuconsina terpilih kembali sebagai senator wakil Provinsi Maluku tahun 2014 – 2019, setelah sebelumnya tahun 2009 – 2014 dia juga terpilih sebagai Senator wakil Provinsi Maluku.

Sama halnya dengan Mirati Dewaningsih Tuasikal yang juga pernah wakili Maluku menjadi anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan perolehan suara saat itu sebanyak 128.193.

Baca juga :   Kembali Kanwil BPN Maluku Terancam Disegel

Sebagai anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) di Komisi IV yang membidangi pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan, perikanan, dan pangan, (sebelumnya duduk pada Komisi VI yang membidangi BUMN), istri dari mantan Bupati Maluku Tengah dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Maluku, Abdullah Tuasikal ini mengakui adanya potensi yang menjanjikan dari perikanan di Maluku.

Namun pada saat yang bersamaan, Mirati merasa bahwa keberpihakan pemerintah terhadap sektor perikanan masih minim, khususnya dalam program pemberdayaan masyarakat perikanan. Maka dari itu Ia sangat berharap bahwa pemerintah Maluku dapat merancang program yang mendukung potensi masyarakat nelayan, terutama dengan memaksimalkan kewenangan dan kapasitas otonomi daerah.

Sementara bagi Novita Anakotta, S.H., M.H. wanita kelahiran Ambon, 21 November 1974. Merupakan Senator wakil Provinsi Maluku periode tahun 2014-2019 setelah berhasil mendapatkan suara sebesar 62.501 suara.

Sementara Nono Sampono yang meraih 60.934 suara, merupakan pria kelahiran 1 Maret 1953 merupakan seorang tokoh militer Indonesia dan juga mantan Kepala Basarnas Indonesia.

Jenderal berbintang tiga ini juga pernah memegang sejumlah jabatan penting lainnya seperti Komandan Paspampres, Gubernur AAL dan Komandan Jenderal Akademi TNI dan jabatan lainnya.

Reporter :Rohim

Editor :Redaksi

About admin

Check Also

Srikandi Maraina Dukung Kongres Seram Alifuru Bersatu

AMBON,N25NEWS.COM – Keinginan masyarakat Pulau Seram Maluku untuk mengadakan kongres Seram Alifuru Bersatu di Kota …