Home / Maluku / Tim HR Kemenag Korwil Maluku Pantau Hilal
Kakanwil Kemenag Maluku Fesal Musaad dilokasi pemantauan hilal di Negeri Wakasihu. Selasa(15/5/2018).

Tim HR Kemenag Korwil Maluku Pantau Hilal

“Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama Koordinator Wilayah Maluku memantau rukyatul hilal di lantai atas Masjid Cakmar Marussalam Negeri Wakasihu Kecamatan Leihitu Barat Kabupaten Maluku Tengah (Malteng)”

AMBON,N25NEWS.COM – Kementerian Agama (Kemenag) wilayah Maluku melakukan rukyatul hilal atau melihat bulan untuk penetapan awal Ramadhan 1439 Hijriah di lantai atas Masjid Cakmar Marussalam Negeri Wakasihu Kecamatan Leihitu Barat Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

“Rukyatul hilal dilaksanakan menjelang matahari terbenam bertepatan dengan 29 Syaban 1439 Hijriah,” kata Kakanwil  Kemenag Maluku Fesal Musaad pada wartawan  dilokasi pemantauan hilal di Negeri Wakasihu. Selasa(15/5/2018).

Menurut dia, proses rukyatul hilal akan dimulai sekitar pukul 16.00 WIT dengan menggunakan alat sejenis teropong yang disebut teodolit untuk melihat posisi bulan.

Setelah melakukan rukyatul hilal, hasil pengamatan akan langsung dilaporkan ke Jakarta untuk kemudian menjadi salah satu masukan dalam sidang isbath penetapan, untuk awal Ramadhan,

Ia mengatakan, tim rukyatul hilal berasal dari hakim pengadilan agama, BMKG, MUI, serta ormas Islam.

Musaad mengimbau masyarakat agar dapat menunggu keputusan pemerintah dalam melaksanakan awal Ramadhan yang akan diumumkan Selasa malam kemarin  (15/5).

Terkait ada masyarakat yang memulai puasa Ramadhan lebih awal atau lebih lambat dari pengumuman pemerintah, ia menyebutkan hal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab masing-masing

“Kami tetap mengimbau agar saling menghormati dan mencegah perpecahan di kalangan umat,” imbaunya.

Sementara dalam penglihatan hillal menurut laporan BMKG yang disampaikan Musaad, waktu terbenam matahari pada pukul 18.17 WIT dan bulan pukul 18.17 WIT “Azimuth masih dibawa minits 1 derajat dengan ketinggoan hillal juga dibawa 1 derajat, dengan demiki  tinggal hanya menunggu sidang isbat yang nantinya akan disampaikan Menteri Agama (Menag).

Baca juga :   Gubernur Harap Dana Transfer Dimanfaatkan Optimal

Dengan demikian Musaad menghimnau agar umat muslim di Maluku, sambil menunggu hasil keptusan Isbat oleh Menag di Jakarta, Selas malam.

“Atas nama Kemenag dan pribadi saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah.puasa, bagi umat muslim di Maluku,”ucapnya.

About admin

Check Also

Tuarita : Tanggal 28 Agustus Akan Dilaksanakan Rakor Teknis LP3KN dan LP3KD

AMBON,N25NEWS.COM-Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik (PESPARANI) yang akan laksanakan pada tanggal 27 Oktober sampai tanggal …