Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa,Kementerian Dalam Negeri,Meidy Malonda

Tim Pusat Pantau Penanganan Dan Permasalahan Dana Desa Di Maluku

AMBON,N25NEWS.COM-Tim Lengkap yang terdiri dari unsur Ditjen Pemdes Kemendagri,Mabes Polri,Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemenedesdan PDTT),serta dari Inspektorat Jenderal Kemendagri,kunjungi Ambon dalam rangka asistensi dan pemantauan pelaksanaan,kerjasama pencegahan,pengawasan dan penanganan permasalahan dana desa.

Hal ini dikatakan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa,Kementerian Dalam Negeri,Meidy Malonda, kepada awak media di Kantor Gubernur Maluku,jumat (2/8/2019).

Jelasnya,kunjungan ke Ambon yang adalah Ibukota Provinsi Maluku,dalam rangka untuk mengetahui permasalahan dan bagaimana penanganan dana desa di Maluku,serta mengecek keberadaan sekretariat bersama (Sekber) penanganan DD

“Kami ingin tau bagaimana dana desa digunakan Maluku pada 11 kabupaten/kota,dimana ini sebenarnya monitoring bersama,untuk pelaksanaan pencegahan,pengawasan dan penanganan permasalahan dana desa disini,”kata Malonda yang berdarah Manado ini.

Adapun,prinsipnya apabila ada permasalahan dana desa,maka bagaimana penanganannya apakah dana desa ini telah melewati prosedur yang seharusnya ada permasalahan,maka otomatis akan ditangani dulu  oleh Inspektorat kabupaten/kota yang dinamakan APIP (Aparat Pengawasan Internal Pemerintah)

“Kalau memang ada permasalahan baru dia ke APH (Aparat Penegak Hukum),jadi tidak langsung masalah ini kita harus bawa ke kepolisian,langsung ditangkap tidak seperti itu lagi sebab itu tidak melalui prosedur,”jelasnya.

Sementara itu,di kesempatan yang sama Kombes Pol.Muhammad Sonoputro Kepala Kasubdit Babinkantibmas Mabes Polri,memngatakan bahwa,untuk Maluku,masalah pemngelolaan dana desa dirinya belum punya gambaran secara pasti sebab tim ini baru pertama datang ke Ambon.

“Saya belum bertemu dengan kepala dinas PDTnya,sehingga permasalahannya saya belum mengerti,tapi jelas kedatangan saya ke Ambon tentu berkaitan dengan permasalahan pengelolaan dana desa,”ungkapnya.

Sedangkan informasi yang didapat ada permasalahan pengelolaan dana desa di salah satu desa di Kota Ambon,yang samapai sekarang perkembangannya belum jelas,makanya tim ini akan ke Pemerintah Kota (Pemkot) guna menanyakan hal tersebut.

“Saya kan dari pihak kepolisian jadi akan menanyakan hal tersebut,sehingga kita akan tau bagaimana masalah pendampingan dan pengawasan pengelolaan dana desa dari pihak kepolisian setempat,”tandasnya.

Check Also

Nyaris Penjabat Tengah-Tengah Bohongin Pengungsi  Gempa M 6,8

AMBON,N25NEWS.com – Diketahui, lewat posko induk PT Wijaya karya (WIKA), BUMN, telah menyalurkan bantuan untuk …

×

N25NEWS.com