Home / Hukum dan Kriminal / Tim Seleksi Calon Kades Kabupaten MTB Tidak Transparan

Tim Seleksi Calon Kades Kabupaten MTB Tidak Transparan

SAUMLAKI,N25NEWS.COM – Sejumlah calon Kades dari berbagai desa di Kabupaten Maluku Tenggara Barat menilai tim seleksi calon Kades Pemkab MTB tidak terbuka sehingga menuai keluhan dari para calon Kades.

Pasalnya sejak awal mulai dari  pemeriksaan berkas bagi calon Kades sudah terjadi persoalan, seperti ada oknum calon Kades yang sebagian berkas aslinyanya hilang, ketika berkas tersebut tiba pada tim seleksi Kabupaten MTB.

Salah satu calon Kades asal Desa Ritabel Kecamatan Tanimbar Tanimbar Utara Obet Fariman kepada media ini mengakui dirinya tidak merasa puas dan kecewa dengan kinerja Tim seleksi calon Kades Kabupaten dalam hal ini bagian Tata Pemerintahan Umum dan Otonomisasi Daerah Kab.MTB yang menangani seleksi tersebut.

“Sejak saya mempersiapkan berkas mulai dari tingkat Soa di desa kemudian ke Kecamatan berkasnya masih lengkap, tetapi ketika sampai di kabupaten salah satu berkas asli yang saya kumpulkan hilang,” ungkap Obet Fariman.

Selain itu kata Obet bahwa pihak Tim Seleksi menyalahkan dirinya, sementara berkas tersebut dibawa bersama berkas calon lainnya oleh staf dari Kecamatan,Iapun merasa sangat kecewa dengan kinerja Tim Seleksi dari Bagian Tata Pemerintahan Umum dan Otonomi Daerah Setda MTB.

Lebih ironisnya lagi dirinya berupaya bertemu dengan Kabag Tata pemerintahan dan OD Somalia Batlayari, namun tidak berhasil karena alasan yang diberikan bahwa Kabag masih sibuk. Kemudian Obet Fariman lanjut bertemu sekertaris daerah Piterson Rangkoratat, lalu mendapat jawaban,  persoalannya akan ditindak lanjuti, namun sampai berita ini diturunkan belum ada tanda tanda tindak lanjut dari Pemda MTB.

Hal yang sama juga dialami calon lainnya Jery Kora asal desa Rumah Salut Seira Kecamatan Wermaktian, dimana dirinya setelah melewati tes seleksi calon kades dia pun tidak lolos, sementara rekanya yang juga calon kades yang dianggap kurang memenuhi syarat lolos seleksi.

Bukan saja sampai disitu pesoalan pun berlanjut, ada oknum calon kades rekannya asal desa Rumah Salut Uria Resimanuk, sewaktu proses tes seleksi berjalan sudah  menginformasikan kepada warga desa Rumah Salut bahwa dirinya lolos seleksi, sedangkan rekannya yang lain tidak lolos, karena dirinya tinggal bersama Bupati MTB. Kemudian Uria Resimanuk menghimbau  kepada tim suksesnya,  untuk segera menggalang massa dengan indikasi memberikan sopi, rokok dan sejumlah uang.

Akhirnya sebagian warga desa Rumah Salut pun marah dan menolak berita acara penetapan bakal calon kepala desa Nomor : 344/B.A/ Bag.PoD/12 Tahun 2018, yang ditetapkan dengan keputusan Bupati MTB, nomor : 141-319 tahun 2018, dikarenakan tidak objektif dan rasional dan keputusan tersebut sarat dengan kepentingan politik.

Warga desa Rumah Salut pun membuat aspirasinya antara lain : meminta panitia penanggungjawab Pilkades Kab.MTB mengklarifikasi tingkat kerahasiaan pada berita acara penetapan calon Kades karena belum selesai uji kelayakan seluruh warga desa sudah mengetahui hasil seleksinya yang disampaikan Uria Resimanuk melalui sambungan telepon,meminta Panitia Tim seleksi Kabupaten untuk menyajikan hasil penetapan uji kelayakan calon Kades yang sebenarnya atau rekapan nilai asli tes seleksi calon Kepala Desa Rumah Salut. Serta meminta Bupati MTB meninjau kembali hasil penetapan uji kelayakan karena diragukan kebenaran dan kerahasiaannya.

Jika belum ada tanggapan terhadap surat pernyataan ini, mereka akan Meminta DPRD MTB untuk menghentikan proses pemilihan Kades Rumah Salut. Persoalan ini pun kalau tidak ditanggapi lagi akan dilanjutkan ke tingkat proses hukum.

Namun sebelumnya Bupati MTB Petrus Fatlolon telah mengeluarkan stetmennya yaitu jika terjadi persoalan terhadap proses seleksi uji kelayakan calon Kades, segera menyurati Bupati dan langsung menyerahkan kepada stafnya untuk di evaluasi jika didapati suatu temuan yang tidak benar segera dilakukan perbaikan.

Oleh : Iman Solarbesain

About admin

Check Also

Maraknya Penimbunan Kayu Ilegal Di MTB

SAUMLAKI,N25NEW.COM-Sekian banyak kayu ilegal yang ditemukan Tim Aliansi Indonesia Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) baru-baru …