Tingkatkan Efektivitas Pengawasan Obat Dan Makanan,BPOM Ambon Jalin Kerjasama Dengan Kwarcab Kabupaten/Kota

AMBON,N25NEWS.com-Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Ambon, mulai merintis kerjasama dengan kwartir cabang (Kwarcab) gerakan Pramuka di kabupaten/kota,dalam upaya untuk meningkatkan efektivitas pengawasan obat dan makan.

“Sekarang kita sudah menggandeng pramuka,dimana secara nasional kita sudah membentuk Saka POM yang khusus untuk Provinsi Maluku,yang pada bulan Agustus kita telah melakukan penendatangan perjanjian kerjasama,”ungkap Dra Hariani A.pt,kepada awak media pada konfrensi pers dalam acara,Sosialisasi Rintisan Satuan Karya Pramuka Pengawasan obat dan Makanan (Saka POM),yang berlangsung di The City Hotel,kamis (7/11/2019).

Sementara itu,Hariani juga menjelaskan lagi,untuk pembentukan Saka POM Provinsi Maluku,maka minimal ada dukungan 30 persen dari kwarcap di kabupaten/kota.Oleh karena itu,BPOM telah mengundang 6 kwarcab untuk berdikusi mengenai keamanan pangan,yang secara otomatis hal tersebut diketahui juga untuk pemberdayaan masyarakat.

Selain itu,dengan adanya dukungan ke 6 kwarcab kabupaten/kota  ini,maka sudah barang tentu,ada dukungan dari kwarda (Kwartir Daerah) dalam hal ini di tingkat provinsi yang begitu dibentuk maka otomatis juga masuk pada kwarnas (Kwarda Nasional).

“Kita kan ada 34 provinsi,jadi minimal,di provinsi itu nanti ada 30 persen dari kwartir daerah inilah yang mendukung di kwarda nasional nanti,”ujar Hariani.

Adapun,Hariani menjelaskan pada prinsipnya dibentuknya Saka POM ini,ada 3 krida (kegiatan pokok) yang nantinya akan dilaksanakan yakni,pengujian secara sederhana,meliputi uji kimia,biologi,smoklin dan pangan siap saji.

Baca juga :   SDN 1 Ambon Raih Juara I Lomba Kantin Sehat Sekolah Se-Kota Ambon

Berikutnya ada krida mengenai pemantauan,penandaan obat dan makanan serta iklan obat dan makanan,maka anggota Saka POM harus mampu memberikan masukan,penilaian terkait peredarannya di kalangan masyarakat.

“Krida yang ke 3 ini diharapkan anggota Saka POM selain dapat memberikan informasi mengenai obat dan makanan,tapi juga kita inginkan mereka dapat ,melakukan edukasi ke sekolah-sekolah,maupu ke adaik-adik pramuka yang masih junior,”tandas Hariani.

Sementara itu,pada kesempatan yang sama Ketua Kwarda Provinsi Maluku Yopi Patty,mengatakan kwarda Maluku sangat mendukung apa yang di usulkan oleh Kepala Balai POM,yang dimana telah melakukan kerjasama dalam pembentukan Saka POM secara dearah.

“Nanti saya kira kalau kita sudah bentuk kita akan mengusulkan ke pusat sehingga,nantinya di pusat akan melakukan Munas,”kata Patty.

Diketahui juga untuk sekarang telah diakui 11 Saka POM dan apabila telah mendapat dukungan dari kabupaten/kota seluruhnya minimal 30 persen.Dengan demikian Saka POM ini yang nantinya akan melaksanakan tugas pramuka secara menyeluruh.

Reporter     : Aris Wuarbanaran

Editor       : Redaksi

 

 

 

 

 

Check Also

BPOM di Ambon Gelar Opening Meeting Audit Eksternal Quality Management System (QMS) ISO 9001:2015

AMBON,N25NEWS.com –   Balai POM di Ambon menggelar Opening Meeting Audit Eksternal Quality Management System (QMS) …

×

N25NEWS.com