Tingkatkan Kompetensi, 120 Guru Ikut Pelatihan Teknis Subtantif

AMBON,N25NEWS.COM – Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan sumber daya manusia Aparatur Sipil Negara (ASN), seperti yang dilakukan Kanwil Kementerian Agama(Kemenag) Provinsi Maluku dan Maluku Utara (Malut) dengan melibatkan 120 peserta mengikuti empat program pendidikan dan pelatihan (diklat) teknis subtantif yang dilaksanakan Balai Diklat Keagamaan (BDK) Ambon.

Empat diklat tersebut meliputi, teknis subtantif guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), teknis subtantif guru bahasa Pendidikan Agama Kristen PAK) tingkat SMP, teknis subtantif guru Alkdah Akhlak tingkat Madrasah Aliyah (MA) dan teknis subtantif PKG-PKB. Ini berlangsung di aula BDK Ambon, Seleaa (7/8).

Dalam arahan Kakanwil mengatakan, pembangunan SDM ASN khususnya guru diarahkan benar-benar mampu menjadi pilar pendidikan yang memiliki etos kerja yang tinggi, produktif kreatif dan profesional.

Dimana keberhasilan pembangunan nasional dalam bidang pendidikan adalah upayah mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatnya kualitas manusia Indonesia yang beriman, bertaqwa dan Berakhlak mulia, serta menguasi ilmu pengetahuan teknologi dan seni dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan berabad berdasarkan Pancasila dan UUD negara RI tahun 1945.

Bahkan berdasarkan PMA 75 tahun 2015 pendidikan dan pelatihan bertujuan meningkatkan pengetahuan keahlian, ketrampilan dan sikap pegawai untuk dapat melaksanakan tugas jabatan secara profesional yang dilandasi keperbadian dan kode etik pegawai sesuai dengan kebutuhan Kemenag, menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharuan dan perekat persatuan bangsa.

Menurut Kakanwil, peran guru dalam peningkatan konteks mutu yang meliputi bagaimana prinsip belajar sepanjang hayat dan pendidikan untuk pembangunan yang berkelanjutan.

lebih lanjut beliau menjelaskan penilaian mutu pendidikan harus dilihat dari beberapa aspek pokok meliputi sistem menguasai dasar esensi, dan bagaimana dipengaruhi oleh kualitas proses serta peningkatan kinerja kedepan untuk menjadi lebih baik.
Diakhir penyampaiannya Musaad berharap para guru yang telah mengikuti kegiatan diklat dimaksud dapat memberikan pemahaman agar mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Serta dapat memantapkan orientasi sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi kepada pelayanan, pengayoman,dan pemberdayaan bagi anak didik dan lingkungan sekitar  dan menerapkan guru yang berkualitas,professional,berintegritas dan bertanggung jawab.

Reporter :Gali M

Editor : Redaksi

Check Also

Ini Pesan Gubernur Saat Pentabisan Gedung Gereja Elim,Hunuth Durian Patah 

AMBON,N25NEWS.com-Gedung Gereja Elim Jemaat GPM Hunuth Durian Patah.Klasis Pulau Ambon Utara,Minggu 20/12/2020).ditabiskan dan diresmikan. Prosesi …