Tingkatkan minat Baca Di Kota Tual,Lurah Ketsoblak Bentuk Konsep Baru

TUAL,N25NEWS.com – Memiliki kreativitas dan inovasi dalam menerapkan program – program pemerintah pemberdayaan minat baca sebagai dorongan dalam membuka ruang, taman dan halte bacaan di lingkungan merupakan keinginan dan kegigihan seseorang untuk menyuseskan program tersebut.

Kantor Kelurahan Ketsoblak Kota Tual sebagai salah satu perpustakaan percontohan di Maluku tentu ada konsep baru yang akan di programkan kedepan.

Hal tersebut disampaikan Lurah Ketsoblak Andreas Rafra SH, Kepada Media ini (19/9/19 )saat ditemui diruang kerjanya.

Katanya melalui Icon Taman dan Halte Baca Kantor Kelurahan Ketsoblak Kota Tual berhasil masuk sebagai pemenang ke dua perpustakaan tingkat Provinsi Maluku tahun 2019.

“Hal ini merupakan suatu bentuk perhatian dan dukungan untuk Kelurahan Ketsoblak dalam meningkatkan pemberdayaan minat baca dan menjadi motivasi kedepan untuk meningkatkan fasilitas dan sarana halte bacaan di kegiatan perlombaan tingkat nasional,”ujar Rafra.

Selain itu tambah Lurah Ketsoblak ini,kehadiran para pecinta ilmu ini merupakan suatu dukungan dan penguatan terhadap dunia letirasi terhadap ruang, taman dan halte bacaan yang elah disediakan oleh Kantor Kelurahan Jetsoblak.

Menanggapi kunjungan dari Ketua Yayasan Pintu Matahari Global Stikes dan SMK Mitra Karya. Anakletus Yanyaan S,Sos, serta Ketua Sekolah tinggi ilmu hokum (STIH) Mohamad Taha. Sahlan Ingratubun SH MH,
Rafra memberikan apreseasi kepada mereka yang senantiasa mengisi waktu untuk berkunjung di tempat ini sebagai sarana untuk membaca buku-buku yang telah disediakan.

“Dukungan para pengunjung selama ini bukan semata – mata dukungan dan penguatan tehadap dunia literasi dan keberadaan halte dan taman bacaan yang sudah dimiliki oleh Kelurahan Ketsoblak,”tandasnya.

Rafra menyadari bahwa dukungan selama ini bukan semata – mata merupakan suatu dukungan pasif semata malainkan betujuan untuk memberikan penguatan dan motifasi kepada Kelurahan Ketsoblak akan pentingnya keterbukaan akses dan pentingnya membangun relasi dengan pihak – pihak lain dalam rangka mengembangkan dan menguatkan budaya literasi yang ada di Kota Tual terlebih khusus Kelurahan Ketsoblak.

Katanya lagi melalui program Pemerintah Daerah Kota Tual dalam meningiatkan minat baca di kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat lewat keberadaan taman dan halte bacaan yang ada di Kelurahan Ketsoblak maka masyarakat diharapkan jangan semata- mata menjadikan sarana tersebut sabagai symbol semata malainkan dapat dimanfaatkan sebagai mestinya.

Harapan rafra kedepan agar Kota Tual dapat memanfaatkan sarana sarana ruang publik dengan kehadiran program – program literasi yang tentunya kurang diminati oleh sebagian masyarakat apalagi melalui program – program literasi itu sendiri.

Selain itu Rafra menambahkan program – program pencenangan literasi masyarakat kota tual bisa lebih gemar dalam pemberdayaan budaya baca untuk meningkatkan sumberdaya manusia lewat mambaca
Sejak berdirinya perpustakaan di Kelurahan Ketsoblak mulai dari ruang, taman sampai pada halte bacaan dari hasil evaluasi pengelola perpustakaan banyak terjadi peningkatan yang signifikan sejak dua tahun tekahir ini.

“Pengunjung perpustakaan pada halte, taman dan ruang  diantaranya dari para pelajar, mahasiswa, masyarakat, Asosiasi Advokat Hukum dan ada juga dari instintasi penegak hukum karena kantor Kelurahan Ketsoblak sangat berdekatan dengan Kantor Pengadilan Negeri Tual sehingga aparat penegak hukum yang sedang melakukan persidangan seperti aparat kepolisian kebanyakan menempatkan diri mereka untuk membaca di halte bacaan sambil berjaga – jaga,”Ujar Rafra membeberkan.

Rafra sangat berterima kasih kepada semua pihak yang senantiasa memberikan waktu untuk menempatkan diri di ruang, taman dan halte bacaan dan kehadiran perpustakaan ini telah merambat sampai kesemua lini di kalangan masyarakat.

“Sehingga saya berharap  kedepan agar fasilitas – fasilitas seperti ini dikembangan lebih banyak lagi untuk menjawab program pemerintah dalam mengiatakan minat baca sebagai budaya yang harus dipertahankan,”tambahnya.

Lebih lanjut katanya, konsep yang akan dibangun kedepan adalah membangun bereberapa Halte Bacaan di lingkungan RT/RW terlebih khusus difungsikan dilokasi – lokasi strategis seperti pada lingkungan – lingkungan sekolah agar minat baca pada kalangan pelajar bisa dibentuk sejak dini.

“Pada akhir tahun 2018 perpustakaan Kelurahan Ketsoblak mendapatkan bantuan buku seberat dua koli dari PT Pertamina Jayapura dengan jumlah koleksi yang cukup beragam dan ini merupakan bentuk support untuk membangun dan membesarkan minat baca masyarakat serta keberadaan ruang, taman dan halte baca di Kelurahan Ketsoblak,”jelas Rafra lagi.

Diakuinya masih banyak keterbatasan sehingga pada tahun 2020 nantinya ada perhatian khusus dari instasi tekait Dinas Perpustakaan Daerah Kota Tual agar lebih rutin lagi memberikan pelatihan agar tertata dalam manejemen, koleksi dan literasi bagi sumber daya manusia sebgai pengelola ruang, taman dan halte bacaan.

Reporter : Paet.R

Editor :Redaksi

Check Also

Pemkot Tual Gelar Rapat Kerja Kepala Sekolah/Madrasah Se-Kota Tual 2019

TUAL,N25NEWS.com – Pemerintah Kota Tual dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak pada tingkat TK/RA, SD/MI dan …

×

N25NEWS.com