Tingkatkan Pelayanan Publik, BPOM Ambon Hadirkan Inovasi Unggulan PTSP Dan UMKM Jumping

AMBON,N25NEWS.com- Dalam rangka peningkatan pelayanan publik, mulai tanggal 31 Januari 2020 atau bertepatan dengan HUT Badan POM RI ke-19, Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM)  di Ambon, sudah melakukan beberapa inovasi yang juga digunakan secara internal untuk BPOM dan ada untuk dimanfaatkan oleh stekholder.

“Jadi ada dua inovasi unggulan peningkatan kulaitas pelayanan public di Balai POM Ambon yakni Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau PTSP et Mall dan UMKM Jumping,”kata Kepala Balai Ambon Hariani,dalam sambutannya pada acara HUT BPOM dan Launching Inovasi Yanblik BPOM  serta Talkshow Konsumen Cerdas  yang berlangsung di Lapangan Merdeka Ambon,sabtu (9/2).

Dijelaskannya,PTSP merupakan pelayanan terpadu satu pintu yang diselenggarakan di mall dengan pelayanan  E registrasi pangan,e registrasi obat tradisional,e registrasi kosmetik,pelayanan informasi online,pelayanan pengaduan online serta layanan pengujian.

Sedangkan inovasi UMKM Jumping adalah untuk mendukung UMKM dan untuk membuat suatu lompatan untuk usaha yang lebih maju dengan mempermudah proses pendaftaran prodak melalui  kegiatan penjaringan,pendampingan dan pendaftaran prodak di BPOM.

Selain itu,kata Hariani,dengan adanya PTSP dan UMKM Jumping,maka BPOM pelayanannya tidak hanya terbatas di Kota Ambon saja,namun di 11 kabupaten/kota juga akan terlayani,dengan demikian dapat meningkatkan usaha mereka dari hanya home industri menjadi prodak nasional,yang sebelumnya telah didaftarkan untuk mendapatkan MD dari BPOM.

Adapun,BPOM juga telah bekerja sama dengan stekholder untuk memperoleh data-data dari UMKM,guna ditingkatkan menjadi prodak yang telah terintegrasi di BPOM,selain itu kerjasama juga terjain antara Dinas Perindag,Dinas Koperasi dan UMKM serta BUMN lainnya dan termasuk Bumdes (Desa).

“Untuk Harapan kami, dengan adanya inovasi ini dapat membantu percepatan pendaftaran prodak di BPOM melalui registrasi online dan PTSP,serta UMKM Jumping,yang semakin dekat dengan masyarakat dalam rangka melindungi masyarakat dari peredaran obat dan makanan yang tidak dengan persyaratan kesehatan,”harap Hariani.

Sementara itu,pada kesempatan yang sama Ketua Pengerak PKK Provinsi Maluku,Widya Murad Ismail mengatakan, PKK Provinai Maluku mendukung dan mensuport program-program yang ada di BPOM Ambon dan mengapresiasi program inovasi PTSP dan UMKM Jumping di mall, itu merupakan inovasi yang baik pada masyarakat.

Lebih lanjut,dikatakannya,banyak sekali program-program yang nyata dari PKK Provinsi Maluku,salah satunya isu nasional yang juga menjadi fokus Presiden RI Joko Widodo,yakni mengenai stunting.

“Saya menyinggung masalah stunting,sebab hal ini berkaitan erat dengan gizi buruk dan jajanan yang tidak sehat,oleh karena itu dalam dekat ini kami akan programkan ke sesama kader PKK,untuk berkolaborasi bersama BPOM untuk bersama-sama menerapkan program ini kepada masyarakat,”ujar Widya sekaligus mengucapkan selamat HUT BPOM ke 19.

Pada kesempatan yang sama juga,Sekretaris Kota Ambon (Sekot) A.G.Latuheru,mengatakan, Pemkot Ambon bersama PKK Provinsi Maluku,mendukung apa yang dilakukan BPOM Ambon,sebab program ini merupakan yang terbaik demi masa depan anak-anak di Maluku.

Menurutnya,pemerintah tidak hanya melihat masalah stunting sebagai masalah utama yang harus dituntaskan,namun ia meninta pemerintah dan stekholder terkait untuk dapat melakukan pencegahan juga terhadap masalah penyakit sehari-harinya terdapat di masyarakat seperti DBD itu juga penting.

“Kita setiap waktu bersama BPOM mengawasi jajanan anak-anak sekolah itu sangat penting dan bukan hanya jajanan anak sekolah yang sudah jadi untuk diawasi,namun BPOM,harus lebih tanggap dengan terjun langsung ke tempat pembuatan jajanan tersebut guna pencegahan awalnya,jadi bukan hanya dipencegahan itu pada saat dipasarkan,”tandas Latuheru.

Reporter       : Aris Wuarbanaran

Editor           : Redaksi

Check Also

Jelang Perayaan HUT,BPOM Ambon Gelar Lomba Rangking Satu Keamanan Pangan Kantin Sekolah

AMBON,N25NEWS.com-Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Ambon,menyelenggarakan Lomba Rengking Satu Keamanan Pangan Kantin Sekolah,bagi anak-anak …