Breaking News

Tokoh Muda Taniwel Mendukung Dan Mendorong Pemekaran Kecamatan Taniwel Selatan Di Pegunungan Taniwel

AMBON,N25NEWS.COM – Keinginan pemekaran Kecamatan Taniwel Selatan yang berlokasi di pegunungan Taniwel santer di bicarakan oleh publik Kabupaten Seram Bagian  Barat kini keinginan wacana tersebut di tanggapi dengan serius oleh tokoh muda yang juga,anggota DPRD  SBB terpilih Jodis Rumahsoal.

Menurut Jodis, Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan daerah yang membuka ruang sebesar-besarnya untuk daerah otonom sebagai dengan asas Desentralisasi dan asas Pemerintah daerah.

Penjabaran dari Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 dapat di atur secara jelas oleh PP, PERMEN, Lembaran Negara dan regulasi lainnya sesuai dengan ketentuan Undang-undang Nomor 12 tahun 2011 tentang Hierarki Pembentukan Peraturan Perundang-undangan.

Asas dan Norma Hukum dalam Pemerintahan Daerah yang di atur dari sisi Pemerintahan dan Administrasi, maka perlu adanya penguatan kapasitas Pemerintahan Daerah yang baik dengan menjalankan Roda pemerintahan yang baik yang di tuangkan dalam asas dan norma hukum yang berlaku.

Dasar pikir dan tujuan dari pemekaran Kecamatan Persiapan Taniwel Selatan, pegunungan dalam wilayah administratif Kecamatan Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat Provinsi Maluku.

Kecamatan Persiapan Taniwel Selatan yang meliputi Negeri Neniari, Rumahsoal, Riring, Lohia Sapalewa, Buria, Laturake dan Negeri Uweth. Tujuh Negeri secara aturan sudah memenuhi syarat juridis maupun empiris yang telah di atur oleh Undang-undang dan regulasi yang berlaku.

Tokoh muda Taniwel Selatan  Jodis Rumahsoal (Anggota DPRD terpilih dari Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten SBB), setelah di hubungi oleh media N25NEWS.COM melalui telepon seluler. Dia mengatakan bahwa atas dasar tuntutan masyarakat pegunungan Kecamatan Taniwel Selatan yang melibatkan tujuh Negeri daerah pegunungan Kecamatan Taniwel, sudah saatnya untuk melepaskan diri dari Kecamatan Induknya dan berdiri secara administratif dan pemerintahan yang desensitisasi.

Baca juga :   Ketua DPD KNPI,Berharap Semua Pihak Dukung Kongres GMNI di Ambon

Selain itu tambahnya, untuk Pemerintah Daerah Kabupaten SBB, agar dapat menindaklanjuti pemekaran daerah persiapan Kecamatan Taniwel Selatan agar dapat realisasi untuk menjawab kebutuhan tuntutan masyarakat Pegunungan yang masih terisolasi dari sisi pelayanan dan pembangunan di segala bidang.

Oleh karena itu katanya, untuk menjawab kebutuhan dan tuntutan masyarakat Taniwel Selatan dari Sisi juridis, sosiologis dan filosofis historis sudah saatnya pemerintah daerah melepaskan daerah Daerah Taniwel Selatan berdiri secara pemerintahan dan administratif yang devenitif untuk menjawab kebutuhan pelayanan dan membangunan dari keterpurukan dan diskriminatif yang di anggap terisolasi.

Di menjelaskannya pula, bahwa sesuai dengan amanat dan tanggung jawab yang di berikan kepada beliau sebagai keterwakilan dari daerah pegunungan Taniwel Selatan Kec Taniwel Kab SBB Provinsi Maluku, beliau sebaik-baiknya bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk mendorong pemekaran Kecamatan.

Persiapan Kecamatan Taniwel Selatan, seusai dengan tugas dan fungsi Legislatif yaitu pengawasan. Anggaran dan legislasi. Beliau juga melakukan kerjasama dengan melakukan berbagai pendekatan baik secara politik, sosial dan pendekatan – pendekatan lainnya yang bisa mengakomodir kecamatan persiapan Taniwel Selatan.

Persoalan pemekaran Kecamatan persiapan untuk wilayah dan tempat pusat administratif dan pemerintahan yg layak dan strategis dapat di bicarakan secara bersama-sama dengan pemerintah negeri ke tujuh Negeri, badan saniri negeri dan pemerintahan setempat.

Editor :Redaksi

About admin

Check Also

Ketua DPD KNPI,Berharap Semua Pihak Dukung Kongres GMNI di Ambon

AMBON,N25NEWS.COM-Ketua Dewan Pimpinan Daerah Maluku Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Maluku M. Faisal Saihitua …