Breaking News

Tranportasi Dan Kurangnya Tenaga Penyuluh,Faktor Lambatnya Perkembangan Kampung KB Di Bursel

AMBON.N25NEWS.COM-Perkembangan Kampung Keluarga Berencana (KB) di Kabupaten Buru Selatan (Bursel) selama ini sedikit terkendala dengan adanya beberapa faktor yaitu transportasi,tenaga penyuluh dan sumber daya manusianya (SDM).

Hal ini dikatakan Kepala Bidang KB Dinas Kesehatan Kabupaten Buru Selatan,Estepanus Leatomu kepada N25NEWS.COM saat ditemui dirinya di Hotel Marina,rabu (13/3/2019).

Lebih lanjut Leatomu mengatakan bahwa,”Di Bursel ada tiga kendala utama seperti sulitnya melewati jalan yang ditujuh (jalan belum di aspal),kurangnya tenaga penyuluh dan kurangnya pemahaman,antusiasme masyarakat serta SDMnya,”kata Leatomu.

Sementara itu di Kabupaten Buru Selatan telah memilki 13 Kampung KB,yang telah diakomodir bahkan direncanakan dalam tahu 2019 ini akan ditambahkan lagi 2 atau 3 kampung KB lagi,dengan demikian akan mempermudah akses dalam menjangkau ke-13 kampung KB tersebut.

“Adapun kampung KB di Bursel pada tahun lalu itu tidak berkembang sebab itu tadi infrastruktur seperti jalan yang tidak mendukung,bahkan yang menangani kampung KB ini dari Dinas Pemberdayaan Mayarakat Dan Desa (PMD) yang tidak masuk jalur kesehatan,akhirnya sulit sebab orang dari PMD ini kan bukan orang kesehatan,”jelas Leatomu

Kemudian dari ke-13 kapmpung KB yang telah bentuk ini  maka yamg paling yang terbaik di Kecamatan Namrole yaitu di desa Wali,faktor terbaiknya desa Wali ini karena masyarakatnya sangat antusias terhadap program ini welcomenya masyarakat menerima petugas dari BKKBN,kedepan juga desa Wali akan dijadikan tempat wisata dan dibangun juga pabrik minyak kelapa.

“Untuk itu saya pun berharap kalau bisa kedepan Pemda Bursel dapat memfasilitasi tenaga-tenaga pendamping agar proses koordinasi tetap lancar,sebab jika program ini ramai maka dengan sendirinya masyarakat akan mengikutinya dengan mandiri,tetapi ini juga harus ditunjang dengan penambahan anggaran sebab jika anggaran sedikit maka tidak sesuai dengan kondisi geografis kita,”tandas Leatomu.

Reporter  : Aris Wuarbanaran

Editor       : Redaksi

About admin

Check Also

Satu Kontener Cianida Diamankan Diskrimsus Polda Maluku Di Namlea

NAMLEA,N25NEWS.COM – Diskrimsus Polda Maluku kembali mengamankan  satu kontener bahan kimia bentuk Cianiada (CN) di …