Trauma Healing Untuk Korban Gempa Bumi Maluku

AMBON,N25NEWS.com-Dinas Kesehatan Provinsi Maluku,bersama dua instansi lainnya yakni dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak dan dinas Sosial (yang didalamnya ada Tagana) memberikan terapi trauma healing (penyembuhan diri) kepada anak-anak yang terdampak langsung gempa bumi 6,8 M yang melanda Pulau Ambon dan Pulau Seram pada hari kamis 26 September 2019 lalu.

“Trauma healing ini dilakukan untuk menghilangkan trauma serta mengembalikan kepercayaan diri mereka (anak-anak),dimana saat ini mereka masih ketakutan dan belum mau kembali ke rumahnya,”ungkap C.Latupeirissa kepada awak media disela-sela kegiatan trauma healing yang berlangsung di dusun Ujung Batu desa Waii Kecamatan Salahutu Kabupaten Malteng,sabtu (18/10/2019).

Sebelumnya, ketiga instansi ini telah terjun langsung ke lokasi guna melakukan assessment pada hari rabu kemarin,untuk 24 lokasi yang terdampak langsung gempa bumi,yang terdiri dari negeri Liang ada 6 lokasi dan negeri Waii juga 6 lokasi.

“Pada 6 titik di negeri Waii kita sudah lakukan trauma healing di 1 titik yakni,Air Terjun,sedangkan untuk dusunya ada 3 titik yakni Ujung Batu,Batu Naga dan Batu Dua,setelah dari 3 titik ini kita akan ke anak dusun negeri Waii yaitu Wainuru,”jelas Latupeirissa.

Adapun,kegiatan trauma healing ini,akan dilanjutkan pada hari senin 21 Oktober 2019,dengan lokasi selanjutnya adalah untuk anak-anak pengungsian di negeri Tulehu dan negeri Suli dan kemudian akan dilanjutkan kegiatan ini pada hari rabu 23 Oktober 2019,dengan tujuannya negeri Tial,negeri Tengah-Tengah dan sekitarnya.

“Diketahui selain trauma healing dinas terkatit juga melakukan pemeriksaan kepada lansia, ibu hamil dan  balita,”tandas Latupeirissa.

Reporter     : Aris Wuarbanaran

Editor         : Redaksi

About admin

Check Also

187 PSK Di Lokalisasi Tanjung Batumerah Tidak Miliki KTP Ambon

AMBON,25NEWS.COM-Berdasarkan data Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Ambon tercatat dari 187 Pekerja Seks Komersial (PSK) …

×

N25NEWS.com