Breaking News

Tupamahu : Transaksi Non Tunai Harus Sesuai Perkembangan Teknologi

AMBON,N25NEWS.COM-Surat Mendagri No 910/1867/SJ dan No 110/1867/SJ Tentang Implementasi Transaksi Non Tunai pada Pemerintah Daerah,Transaksi Non Tunai merupakan pemindahan sejumlah nilai uang dari satu pihak ke pihak yang lain dengan menggunakan intstrument berupa alat pembayaran mengguanakan kartu atau APMK,Cek,bilyet, Giro,Uang elektronik atau sejenisnya.

Hal ini disampaikan Asisten Bidang Pemerintahan Sekretaris Kota Ambon,Mien Tupamahu kepada awak media pada acara Implementasi Pengelolaan Keuangan Pemerintah Daerah Secara Non Tunai,di Aula Lantai II Kantor Kotamadya Ambon,senin (17/12/2018).

Lebih lanjut Tupamahu mengatakan,”Taransaksi Non Tunai diperlukan seiring perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat ini yang berdampak secara signifikan pada perubahan-perubahan disemua bidang termasuk pengelolaan keuangan daerah yang makin modern menujuh digital berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang diarahkan pada ketersediaan informasi data,”kata Tupamahu.

Informasi yang menghubungkan antara instansi secara cept,tepat,akurat dan akuntabel,hal ini tentu saja harus menjadi perhatian semua pihak untuk menciptakan tata kelola keuangan dan pemerintah yang bersih dan baik,oleh karena itu diperlukan komitmen dan aksi nyata melalui kerja keras maupun dukungan dari semua pihak.

Pengertian transaksi non tunai lebih mudanya adalah menggunakan transaksi yang tidak menggunakan uang secara tunai tatapi dengan cara meminda bukukan atau transfer antara rekening dari satu pihak ke pihak yang lain yang terdiri dari transaksi penerimaan, pendapatan daerah adalah transakasi yang tidak melalui bendahara penerima.

“Langsung disetor oleh pihak penyetor ke rekening kas umum daerah secara umum penerima.Transaksi pengeluaran dari bendahara pengeluaran pembantu kepada rekening pihak yang berhak menerima.Pengelolaan keuangan yang dilakukan harus mengikuti prinsip good public governments diantaranya transparansi,akuntabilitas dan efisiensi,”jelas Tupamahu.

Belanja daerah lebih efisien penerimaan daerah dapat tergaung secara optimal dan dari segi efisiensi transaksi non tunai lebih hemat biaya dan lebih hemat waktu dibandingkan dengan transaksi tunai,selain itu beberapa manfaat yang diperoleh dari transaksi non tunai itu antara lain menghemat pengeluaran Negara,mencegah peredran uang palsu,pengelapan transaksi ilegal atau korupsi.

Demikian juga dapat menekan laju inflasi,lebih mudah cepat dan aman,kemudian mewujudkan tertib atminstrasi pengelolaan keuangan atau kas,penerapan terhadap uang tersediaan yang tepat serta mudah untuk diidentifikasi,mendukung implementasi actual basic dan kedisiplinan pengelolaan keuangan dalam melakukan pencatatan.

“Prestasi yang telah kita raih oleh pemerintah Kota Ambon yaitu Opini Wjar Tanpa Pengecualian atas laporan keuangan daerah tahun 2017,untuk mempertahankannya tentu butuh kerja keras dari semua pihak untuk mendukung dan mengelola keuangan daerah secara transparan dan akuntabel kea rah yang semakin baik dan meningkat,”tandas Tupamahu.

Penulis : Aris Wuarbanaran

 

About admin

Check Also

Harga Kebutuhan Pokok Di Pasar Ambon Mulai Turun

AMBON,N25NEWS.COM-Sejumlah harga kebutuhan pokok di beberapa pasar tradisional di Kota Ambon mulai mengalami penurunan,selasa (30/7/2019). …