Breaking News

Umat Budha di Maluku Rayakan Puja Bhakti Waisak

AMBON,N25NEWS.COM – Umat Budha di Maluku merayakan Puja Bhakti Waisak ke 2563 BE/ Tahun 2019. yang dipusatkan di Vihara Swara Giri Tirta-Gunung Nona Ambon (19/05) ibadah dalam susasana aman dan damai.

Hari Waisak tahun ini dibawah sorotan tema, “Pahami Hati, Tampakan Kesetiaan Diri Implementasikan Bodhisattavayana dengan Berbagai dan Melayani”
Pantauan koran ini dilokasi ibadah Waisak dimulai dari, persembahan dilanjutkan dengan penyalaan lilin Waisak oleh Ketua Walubi Maluku Wilhemus Jauwerissa dan Pembimas Budha Kanwil Kemenag Maluku Sariyono.

Dari pembakaran lilin ibadah Waisak juga berlanjut pada, Dhammapada, Puja Bhakti, Karaniya Metta Sutta, Visakha Puja Gatha dan diakhiri dengan meditasi.

Ketua Perwakilan Umat Budha (Walubi) Provinsi Maluku, Wilhelmus Jauwerissa usai mengikuti ibada kepada wartawan di Vihara menyatakan, tema kali ini memiliki makna yang mendalam. artinya kita dapat mengeroksi diri, bahwa kita ini siapa, sehingga kita harus meditasi bahwa diri kita bisa dijadikan pantunan bagi masyarakat dan kalau tidak bisa kita jangan memunculkan diri kita.

“Jadi apa yang diajarkan oleh Gautama itu dapat diaplikasikan dan diprioritaskan untuk berbagai krpada keluarga dan masyarakat yang memang dibutuhkan seperti yang diharapkan Gautama,”pungkasnya.

Dengan semangat perayaan Waisak kali ini, Walubi Maluku berharap kepada seluruh elemen teristimewa masyarakat yang berkeinginan Budhis agar hidup dan keharmonisan dan kedamaian. jika tidak, sia-sia semua yang dilakukan itu kunci dalam hidup bermasyarakat di Maluku.

Sebelumnya Pembimas Budha Kemenag Maluku dalam sambutan singkatkannya menjelaskan, hari Waisak merupakan hari suci agama Buddha, dimana seluruh umat Buddha didunia merayakan visakha puja untuk memperingati 3 peristiwa penting, yaitu lahirnya pangeran siddharta (calon Buddha), Pangeran siddharta mencapai penerangan agung dan menjadi BuddhaBuddha Gautama parinibbana (wafat).

Tak terkecuali perayaan waisak yang dipusatkan di Vihara Swara Giri Tirta-Gunung Nona Ambon terasa sangat spesial di tahun ini, karena dirangkai dengan berbagai rangkaian kegiatan, dimana hal tersebut telah diwacanakan oleh Walubi dan seluruh lembaga keagamaan Buddha Maluku khususnya di Kota Ambon.

“Menutut saya kegiatan Waisak tahun ini sangat spesial sekali,”kagumnya.

Reporter : Rohim

Editor : Redaksi

About admin

Check Also

Dampak Gempa, Tiga Program Diklat BDK “Force Majeure”

AMBON ,N25NEWS.com-Gempa Magnitudo 6,8 yang dilanjutkan dengan ratusan gempa susulan, membuat trauma seluruh warga Kota …

×

N25NEWS.com