Home / Pendidikan / Unidar Ambon Kirim 2 Dosen Ikut Program Pengembangan Profesional di Australia

Unidar Ambon Kirim 2 Dosen Ikut Program Pengembangan Profesional di Australia

AMBON,N25NEWS.COM – Universitas Darussalam Ambon telah mengirimkan 2 orang Staf Dosen dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan untuk mengikuti program pengembangan  professional kepemimpinan kelautan dan perikanan Indonesia untuk Maluku dan Maluku Utara serta instansi Pemerintah dan lembaga penelitian.

Hal ini di sampaikan Rektor Universitas Darussalam Ambon  Dr. Ir. Muh. R. Uluputty, M.P kepada N25NEWS.COM belum lama ini.

Program ini kata Uluputty merupakan kerjasama Pemerintah Indonesia dan Australia dalam rangka melihat dan memperkenalkan manajemen pengelolaan sektor perikanan kelautan dan aquaculture (budaya perikanan).

“Program ini di laksanakan di beberapa tempat,di Australia melibatkan Southem Cross University (SCU)/School  Of Environmental Science and Engineering sebagai Perguruan Tinggi di Usmore Australia dan Universitas Darussalam sebagai salah satu Perguruan Tinggi dan beberapa Perguruan Tinggi dan institut lainnya yang ada di Maluku dan Maluku Utara,”tandas Uliputty.

Selain itu tambah Rektor Unidar Ambon ini,untuk program pengelolaan perikanan dan kelautan di dapat antara lain program pengelolaan sumber daya perikanan terutama terhadap hasil tangkapan ikan yang berada dalam pengawasan,serta inplementasi regulasi Pemerintah sebagai bagian dari pengelolaan perikanan berkelanjutan selain itu program yang tidak kalah pentingnya adalah memperkenalkan wisata pantai (Marina Tourism),di perlihatkan juga keberhasilan dalam melaksanakan sistim pengawasan terhadap areal perlindungan laut dan keberhasilan melakukan program pembudidayaan perikanan terutama terhadap jenis ikan langka dan di lindungi.

“Dari sekeluruhan kegiatan yang di laksanakan selama sebulan itu banyak manfaat yang di rasakan ke-2 Staf Dosen kami dan bisa di jadikan sebagai acuan pengelolaan perikanan di Maluku yang memiliki potensi sumber daya perikanan yang melimpah,sehingga dengan begitu mampu menjadikan sektor perikanan kelautan sebagai ujung tombak penghasil PAD potensial sehingga mampu meningkakan kesejahtraan masyarakat Maluku,”tutur Uluputty lagi.

Baca juga :   MKKS Kota Ambon Lakukan Studi Tour dan Raker Bali,Malang,Batu dan Surabaya

Dampak untuk Universitas Darussalam sendiri ungkap Uluputy,menghasilkan  kerjasama pihak Unidar  dengan Southem Cross University (SCU),itu bisa di lihat dari MoU yang telah di tanda tangani ke-2 belah pihak, sehingga dengan begitu dapat  bangun  komunikasi dan jaringan dengan para peneliti di bidang perikanan dan kelautan di  Cross University (SCU).

“Dengan di bukanya jaringan kerjasama tersebut maka kemungkinan untuk melakukan penelitian bersama serta melakukan publikasi jurnal Internasional dari hasil-hasil penelitian ilmiah terbuka lebar,”harap Rektor Unidar Ambon ini.

Selain itu Iapun berharap dengan di tanda tangani MoU tersebut, itu mampu meningkatkan kapasitas dan kapabilitas terutama peneliti dari Unidar sendiri untuk mampu mengembangkan kemampuan meneliti di bidang perikanan dan kelautan maupun budidaya perairan.

 

About admin

Check Also

DIPA Untuk Tunjangan Khusus Dicairkan Bagi Guru Perbatasan

SAUMLAKI,N25NEWS.COM-DIPA untuk daerah perbatasan diberikan tunjangan khusus dan tunjangan tambahan penghasilan,yang berasal dari Pusat untuk …