Unpatti Ambon Kembali Mewisudakan 1.547 Sarjana Periode II 

AMBON,N25NEWS.com-Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon kembali mewisudakan 1.547 lulusan sarjana,yang berlangsung dalam rapat terbuka luar biasa Senat Unpatti,yang dilakuakan secara virtual di auditorium Unpatti,selasa (15/12).

Adapun,Rektor Unpatti MJ Saptenno dalam sambutannya mengatakan,COVID-19 merubah seluruh tatanan kehidupan manusia dan dunia secara signifikan terasuk di Maluku,khususnya di Kota Ambon,dimana semua rencana program dan kegiatan berubah dan tertunda,hanya untuk menyesuaikan dengan keadaan yang lebih aman.

“Bahkan semua kegiatan akademik harus ikut dilaksanakan secara online,hal itu membutuhkan keseriusan,kesabaran,ketekunan,kerja keras dan motifasi dari semua insan akademik,baik desen,tenaga pendidikan dan mahasiswa,”kata Saptenno.

Menurut Saptenno,wisuda yang dilaksanakan pada hari ini merupakan yang kedua dalam tahun 2020,yang penuh dengan berbagai tantangan dan masalah,khususnya pandemi COVID-19 yang turut mempengaruhi seluruh sendi dan tatanan kehidupan,baik lokal,nasional bahkan global.

Selain itu,Unpatti Ambon pada periode II ini mewisudakan 1.463 wisudawan yang terdiri dari wisuda pasca sarjana strata dua (S2) sebanyak 102 sarjana,strata tiga (S3) sebanyak 5 sarjana,Fakultas Hukum 173,FISIP 132,Ekonomi 170,FKIP 485,Pertanian 79,Perikanan 101,Teknik 62,Fakultas MIPA 94,Kedokteran dan pendidikan doktor 50 sarjana serta provosi dokter 10 orang.

“Untuk program studi di luar kampus utama (PSDKU) di Kabupaten MBD dilakukan secara virtual berjumlah 32 wisudawan dan Pdi Kepulauan Aru sebanyak 52 wisudawan,”jelas Septenno.

Dikesempatan yang sama,Ketua Senat Unpatti Ambon,Salmon Nirahua menambahkan,dalam pelaksanaan rapat senat terbuka luar biasa senat Unpatti periode kedua ini dilakukan secara drive thru di kampus utama dan secara virtual di kedua PSDKU.Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah COVID-19

“Pandemi merubah segala hal dari kehidupan kita,wisuda periode II ini semestinya dilakukan sebagaimana mestinya,akan tetapi kita lakukan secara daring.Meskipun dalam keadaan seperti sekarang tetapi pelaksanaan wisuda periode II ini tidak mengurangi niat tulus kita untuk berikan penghargaan atas pencapaian keilmuan para wisudawan,”ujar Nirahua.

Adapun,nantinya setelah nama wisudawan-wisudawati dipanggil baru di izinkan masuk ke dalam auditorium,hanya untuk menerima ijazah setelah itu keluar ruangan dan meninggalkan lokasi kampus.

Untuk diketahui pula,wisuda periode II tahun 2020 ini tetap mengedepankan protokol kesehatan,dimana para wisudawan dan wisudawati maupun orangtua ang hadir harus memakai masker,serta tidak diperbolehkan masuk dalam ruangan acara wisuda,akan tetapi tetap berada di kendaraan.

Reporter   : Aris Wuarbanaran

Editor       : Redaksi

 

 

Check Also

SMP Negeri 6 Ambon Umumkan Hasil Seleksi Calon Siswa-Siswi Baru

AMBON,N25NEWS.com-Sekolah Menengah Pertama ( SMP) Negeri 6 Ambon pada tanggal 3 Juli 2020 melalui website …