Untuk Sinergikan Hasil Pengujian Lab, BPOM Ambon Bentuk Jala Mikro

AMBON,N25NEWS.com – Balai Pengawasan Obat dan Makan (BPOM) di Ambon membentuk jejaring Laboratorium Mikrobiolog yang di sebut “JALA MIKRO”.

Hal ini sebagaimana yang di jelaskan  Kepala Bpom di Ambon Dra.Hariani,Ap dalam keterangan persnya selasa 5 November 2019,bahwa wadah Jejaring Laboratorium Mikrobiologi (Jala Mikro) yang di bentuknya ini merupakan tempat menukar informasi dan saling bersinergi.

“Sebetulnya latar belakang di bentuknya Jala Mikro ini  di karenakan  ada beberapa isu-isu terutama di tahun 2019,yang kadang-kadang berdampak negatif kepada masyarakat.

Sehingga untuk meluruskannya kata Hariani,tidak BPOM sendiri,apalagi yang sudah terekspos ke masyarakat  dan bukan hasil uji dari Lab BPOM,Selain itu pihaknya  tidak bisa mengklarifikas,menjelaskan dan menyangga bahwa itu tidak benar

“Makanya dengan adanya wadah ini(JALA MIKRO)kami dengan kompetensi dan  ruang lingkup kami masing-masing dapat mendukung satu sama  lain.

“Saya kasih contoh kalau di Lab kami di Balai POM menguji produk tapi alatnya sama dengan barestand namun dalam pengujiannya  parameter yang di uji mikronya beda,”ujar Hariani.

Baca juga :   SDN 1 Ambon Raih Juara I Lomba Kantin Sehat Sekolah Se-Kota Ambon

Pada intinya di bentuk jejaring Laboratorium Mikrobiologi untuk melindungi masyarakat dalam fungsi yang berbedah,sehingga untuk BPOM sendiri  dalam  pelayan publik melindungi masyarakat terhadap produk yang sudah beredar di masyarakat yang berpotensi merugikan masyarakat sementara  Lab yang lain,dalam pengujian lain lagi.Sehingga dalam satu wadah inikan bisa saling beckup satu dengan yang lain.

Untuk mulai wadah Jala Mikro ini mulai beraktifitas Hariani menjelaskan,Karena ini baru di bentuk jadi saat ini baru bersinergikan antar ruang lingkup  pengujian.

“Untuk di ketahui yang baru bergabung di JALA MIKRO ada 7 Lab yaitu Laboratorium Karantina Ikan,Lab Kesehatan,Baristand,BTKL,MIPA Biologi Unpatti,Teknologi Hasil Perikanan dan Balai POM,”ujar Hariani..

Kenapa hanya 7 instasi Hariani mengatakn karena di Maluku tidak semua Instansi mempunyai Laboratorium sehingga yang baru berbagung hanya 7 Lab.

Editor : Redaksi

Check Also

BPOM di Ambon Gelar Opening Meeting Audit Eksternal Quality Management System (QMS) ISO 9001:2015

AMBON,N25NEWS.com –   Balai POM di Ambon menggelar Opening Meeting Audit Eksternal Quality Management System (QMS) …

×

N25NEWS.com