Upacara HUT Ke-75 RI Di Inamosol Berlangsung Dalam Kesederhanaan

INAMOSUL,N25NEWS.com -Pelaksanaan detik detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tahun 2020 sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Saat ini sementara kita dilanda  Covid-19 sehingga perayaan HUT ke-75  RI   di berbagai daerah tidak bisa berjalan seperti yang di inginkan oleh semua pihak salah satunya Pelaksanaan HUT  Kemerdekaan Republik Indonesia yang berlangsung di Desa Rambatu Kecamatan Inamosol Kabupaten Seram Bagian Barat Provinsi Maluku.

Upacara HUT ke-75 RI  berlangsung dengan sangat sederhana namun membawa kesan tersendiri bagi warga masyarakat yang ada di desa tersebut.

Acara  tersebut berlangsung di lapangan upacara SMP Negeri 9 Kairatu di hadiri oleh unsur Muspika Kecamatan Inamosol, Personil TNI/POLRI yang bertugas di wilayah Inamosol, ASN lingkup Kecamatan Inamosol, Perangkat Desa/Negeri di wilayah Kecamatan Inamosol, Siswa SD dan SMP yang berlokasi di Rambatu serta masyarakat Rambatu.

Yang bertindak selaku Inspektur upacara Camat Inamosol Frentje Laturette, sedangkan komandan upacara Serka Muhammad Basar dari Koramil Kairatu dan Andhe Kolly Anggota DPRD Kabupaten Seram Bagian Barat ( SBB) sebagai pembaca teks proklamasi.

Camat Inamosol Frentje Laturette ketika di hubungi oleh tim N25NEWS.com menjelaskan kalau upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 tahun di Rambatu ini sangat berbeda dengan tahun- tahun sebelumnya sebab saat ini  di SBB sementara berada dalam Kondisi kehidupan baru atau New Normal selama Covid -19.

“Tentunya kami harus menggunakan protokol kesehatan bagi seluruh peserta upacara yang hadir,”ungkap Camat.

Laturette menegaskan, walaupun masih di landa Covid-19 namun semangat untuk merayakan HUT Ke-75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tidak pernah pudar dari seluruh peserta.

Bahkan secara tegas ia menegaskan kepada seluruh ASN lingkup Kecamatan Inamosol untuk tetap bersemangat untuk melayani masyarakat yang tak  pernah pudar.

Pria asal Negeri Piru ini juga menambahkan terkait Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang di selenggarakan di Desa Rambatu merupakan program pemerintah dimana setiap tahun upacara akan berlangsung di desa maupun negeri yang berbeda misalnya pada tahun 2019 lalu upacara di laksanakan di Desa Manussa, tahun 2020 saat di desa Rambatu dan tahun 2021 akan berlangsung upacara bendera di Desa Hukuanakotta.

“Program ini di rancang agar pemerintah daerah tetap melayani,membangun, dan memperhatikan kesejahteraan masyarakat di tiap tiap desa pada Kecamatan Inamosol,”ujar Frentje Laturette Camat Inamosul.

Sementara itu di tempat yang sama Anggota DPRD Kabupaten SBB Fraksi PDIP Dapil Inamosol Andhe Kolly mengatakan walaupun daerah  Inamosol berada di pengunungan dan daerah terpencil namun upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia berlangsung dengan hikmat dimana masyarakat sangat antusias serta menikmati upacara kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 Tahun.

Dengan begitu kata  Kolly,semangat rasa Nasionalisme terhadap NKRI ini tetap di pupuk terus sehingga tidak luntur sedikit  di pun.

Selain itu,anggota DPRD dua periode ini mengatakan masyarakat yang ada di Kecamatan Inamosol masih jauh sangat tertinggal dari segi transportasi sebab sampai saat ini ruas jalan Kairatu Inamosol masih rusak sehingga perlu ada perhatian serius dari pemerintah daerah.

Namun demikian kata Kolly lagi, Pemerintah Kabupaten SBB tidak bisa berbuat banyak sebab ruas jalan ini merupakan ruas jalan tingkat Provinsi Maluku.

Namun kita juga harus berbesar hati  kalau Pemerintah Provinsi Maluku lewat Gubernur Maluku Murad Ismail,saat berkunjung melihat keadaan jembatan Talla mengungkapkan akan segera memperbaiki ruas jalan Kairatu Inamosol.

“Untuk itu saya  sangat berterima kasih kepada Pemerintah Maluku yang  mau bersedia memperjuangkan akses jalan dari Kairatu ke Inamosol sebab sampai akses jalan ini di buka atau di perbaiki otomatis akses kesejahteraan masyarakat akan meningkat,”tambahnya.

Sementara itu  Ketua Panitia Pelaksana HUT  Kemerdekaan  Republik Indonesiak Kecamatan Inamosul J,Neytte yang juga pejabat Desa Rambatu mengatakan masyarakat Desa Rambatu sangat berterima kasih kepada pemerintah daerah yang  sudah mengadakan upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 Tahun di Desa Rambatu.

“Permasalahan yang kami hadapi yaitu akses transportasi maupun akses jalan yang rusak hal ini masih menjadi kendala bagi kami,”pungkasnya.

Reporter : Santos W

Check Also

Bantu Imbauan Pemerintah,Pdt Minggus Ciptakan Masker Aroma Terapik

AMBON,N25NEWS.com-Akibat wabah Covi-19,imbauan pemakaian masker yang awalnya hanya disarankan pada yang sakit,meluas dan membuat orang …