Breaking News

Upacara Pembukaan Latihan Penyiapan Pratugas Satgas Pamrahwan Yonif 734/SNS

SAUMLAKI,N25NEWS.COM – Komandan Brigif (Danbrigif) 27/Nusa Ina, Kolonel Inf Mustakim S.I.P. memimpin Upacara Pembukaan Latihan Pratugas Satgas Pamrahwan Maluku dan Maluku Utara Yonif 734/Satria Nusa Samudra Tahun 2019, bertempat di Makoyonif 734/SNS, Senin (11/03).

Dengan dilandasi semangat dan disiplin yang tinggi, serta kesungguhan melaksanakan latihan, maka Satgas Yonif 734/Satria Nusa Samudra diharapkan mampu mengaplikasikan tema latihan pratugas yaitu, “Yonif 734/ Satria Nusa Samudra Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan melaksananakan Operasi Pengamanan Daerah Rawan untuk memelihara stabilitas keamanan  di Maluku dan Maluku Utara guna menjamin keutuhan dan tetap tegaknya kedaulatan NKRI dalam rangka mendukung tugas pokok TNI”.

Amanat Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq yang dibacakan Danbrigif mengatakan, tujuan dari Latihan pratugas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan menguji kesiapan operasi Yonif 734/Satria Nusa Samudra  sebagai Satgas Pam Rahwan dalam melaksanakan tugas Operasi pengamanan daerah rawan Maluku dan Maluku Utara secara berhasil dan berdayaguna. Karenanya latihan pratugas ini harus diorientasikan pada tugas-tugas yang akan dilaksanakan (mission oriented training) yaitu apa yang dilatihkan adalah apa yang akan dihadapi di daerah penugasan/operasi.

Baca juga :   Babinsa Koramil Wahai Ikut Kerja Bakti Pembuatan Saluran Air Bersama Warga

“Kalian juga harus mampu meningkatkan hubungan yang harmonis antara semua kelompok masyarakat sehingga jalinan kebersamaan dan rekonsiliasi yang selama ini sudah terwujud dengan baik dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan”, kata Pangdam dalam sambutannya.

Oleh karenanya, kalian harus dapat menempatkan diri sebagai mediator yang netral apabila menghadapi konflik yang melibatkan kelompok yang mempunyai perbedaan pendapat atau pandangan.  Sejalan dengan upaya itu, kalian perlu memperbanyak dialog dan komunikasi sosial dengan semua komponen masyarakat. Kedepankan sikap sebagai prajurit yang berjiwa Sapta Marga dan menjunjung tinggi Delapan Wajib TNI, sehingga semua kelompok merasa mendapatkan perhatian dan perlakuan yang sama baiknya.

Latihan Pratugas ini akan berlangsung selama 12 hari dan diikuti oleh 500 orang prajurit, terdiri dari 4 SSK yang tersebar dan akan melaksanakan Kegiatan Pratugas di Wilayah Saumlaki Kab. Maluku Tenggara Barat. Satgas Pamrahwan juga dibekali dengan berbagai materi latihan dari berbagai bidang diantaranya Bidang Hukum, Bidang Teritorial, Bidang Intelijen dan Bidang Komlek.

Sumber : Pendam16

About admin

Check Also

Komsos Wujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat

AMBON,N25NEWS.COM – Komunikasi sosial (Komsos) merupakan sarana tepat guna mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat , hal tersebut …