Home / Maluku / Usai Lebaran Akan Dilakukan Sosialisasi dan Penyisiran di Gunung Botak Oleh : Aris Wuarbanaran
Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Maluku Martha Magdalena Nanlohy

Usai Lebaran Akan Dilakukan Sosialisasi dan Penyisiran di Gunung Botak Oleh : Aris Wuarbanaran

AMBON,N25NEWS.COM-Permasalahan ilegal maining yang terus terjadi gunung botak,dalam waktu dekat ini akan segerah ditangani secara serius.Kelanjutannya selesai Lebaran maka pihak Pemerintah melalui Dinas ESDM bersama Aparat akan melakukan sosialisasi sekalugus dilakukan penyisiran.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Maluku Martha Magdalena Nanlohy kepada awak media saat ditemui di Kantor Gubernur Maluku,kamis (7/6/2018).

Lebih lanjut Nanlohy mengatakan bahwa keterlambatan untuk proses penyisiran bukan dari pemerintah pusat,tetapi selain illegal maining yang sangat nekat,aparat keamanan juga dinilai tidak tegas,maka diduga adanya permainan dari aparat setempat.

“Selesai Lebaran saya akan memulangkan mereka (pekerja illegal maining) semua tanpa terkecuali,”kata Nanlohy.

Jumlah pekerja yang berada di gunung botak sekarang ini diperkirakan sekitar 9000 ribuan.Jumlah mereka semakin merosot disebabkan adanya konflik internal antara mereka,salah satunya masing-masing mempertahankan areal (lobang )dengan cara-cara kekerasan dan brutal.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dibutuhkan peran aktif dan kerja antara semua pihak yang berkepentingan,baik Pemerintah Daerah dan Pemerintah Kabupaten, serta pihak dari TNI/Polri untuk bersinergi dalam menuntaskan permasalahan tersebut.

About admin

Check Also

Lasqi Maluku Gelar Festival Lagu-lagu Sahur Oleh : Gali Markalin

AMBON,N25NEWS.COM – Meriahkan bulan suci Ramadhan 1439 H/2018 M Lembaga Seni Qasidah (Lasqi) Provinsi Maluku …