Breaking News

Usai Lebaran, Harga Kebutuhan Pokok Justru Naik

AMBON,N25NEWS.COM-Usai hari Lebaran 1440 H 2019, sejumlah harga kebutuhan pangan di beberapa pasar tradisional di Kota Ambon, malah merangkak naik bahkan cenderung melonjak. Hal tersebut terjadi karena minimnya pasokan sehingga memicu lonjakan harga di tengah tingginya permintaan.

Salah seorang pedagang bahan pokok di pasar Mardika Ambon, Yuni (34) mengatakan, kenaikan harga terjadi jauh sebelum puasa dan setelah Lebaran. Kenaikan ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang justru menurun setelah Lebaran.

“Ini masih ada lonjakan harga untuk beberapa kebutuhan pokok,” katanya di lapak dagangannya, jumat (11/6/2019).

Menurut Yani, kenaikan harga sejumlah komoditas kebutuhan pokok itu disebabkan pasokan yang berkurang. Sebab, sebagian besar kebutuhan pokok di Kota Ambon belum ada pendistribusian (kapal yang masuk) dari sentra produksi.

“Selain itu, usai Lebaran permintaan dari masyarakat juga masih tinggi. Tingginya minat beli ini mungkin karena banyak warga Kota Ambon yang telah kembali beraktivitas,” paparnya.

Kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok yang sangat signifikan pada harga cabe rawit merah yang naik sekitar 60 persen yang telah menembus Rp.70 per kg

Harga kebutuhan pokok lainnya seperti bawang merah Rp.45.000 per kg,bawang putih Rp.40.000 per kg komoditi-komoditi ini sebelumnya sempat mengalami penurunan harga tetapi kmbali naik lagi usai lebaran mengalami peningkatan dan harga sawi juga mencapai Rp 8.000 per ikat atau naik Rp 2.000 per ikat.

Sementara beras tidak mengalami kenaikan yang berarti,seperti beras merek tawon Rp.13.000 per kg,beras micky mause Rp.12.000 per kg,beras rojolele Makasar Rp.11.000 per kg dan beras dolog Rp.10.000 per kg.

Adapun untuk harga telur ayam broiler Rp.25.000 per kg sedangkan per butir Rp.1.600 sampai Rp.1.700.

Sementara itu, harga daging sapi masih di kisaran Rp 100 ribu per kg dan harga daging ayam masih diangka Rp 34 ribu per kg. Sejumlah pedagang menilai kenaikan harga sejumlah bahan pokok akan berlangsung selama sepekan setelah Lebaran.

Reporter      : Aris Wuarbanaran

Editor         : Redaksi

 

About admin

Check Also

Nilai Ekspor Komoditi Laut Maluku Pada Bulan Juli 2019 Mencapai 7,3 Juta US Dolar

AMBON,N25NEWS.COM-Nilai ekspor langsung komoditi hasil laut dari Ambon,hingga minggu ke tiga bulan Juli 2019 ,melalui …