Home / Maluku / Usemahu : Ganti Rugi Tanaman Milik Warga Siap di Bayar Sesuai Umur Tanaman

Usemahu : Ganti Rugi Tanaman Milik Warga Siap di Bayar Sesuai Umur Tanaman

AMBON,N25NEWS.COM-Hasil rapat dengan masyarkat Negeri Lima disepakati bahwa untuk tanaman  produksi umur  panjang seperti Cengkih dan Pala harganya itu sesuai dengan yang dikeluarkan oleh Dinas Pertanian sedangkan  untuk tanaman produksi hutan itu sesuai dengan Dinas Kehutanan dengan patokan diameter daripada tanaman.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ismail Usemahu saat menerima kunjungan masyarakat Negeri Lima,guna rapat bersama mencari solusi terkait dengan ganti rugi untuk tanaman masyarakat yang digusur saat pembebasan lahan untuk proyek jalan Negeri Lima-Laha dikantor PU Provinsi Maluku,senin (23/04/2018).

Lebih lanjut Usemahu mengatakan  ganti rugi tanaman itu sebenarnya  sudah dari tahun 2016 , Cuma ada sedikit kendala teknis mengenai jumlah dan umur tanaman.

Selain itu kata Usemahu,dalam rapat bersama itu,terungkap bahwa masyarakat Negeru Lima telah mendata tanaman-tanaman mereka  sesuai dengan kepemilikan masing-masing misalnya cengkeh dan pala sehingga akan mempermudah pembayarann ganti rugi sesuai dengan ketentuan dari Dinas Pertanian dan Dinas Kehutanan.

“Jadi tanaman-tanaman itu akan di bayar telah di bagi  dari  umur  0 samapai 5 tahun,5 sampai 10 tahun dan yang terakhir itu 30 tahun jadi setiap pohon dibayar sesuai umur.Kita sudah sepakat bahwa dari Negeri/Desa akan sampaikan data jumlahnya,kepemilikanya siapa,dan umurnya berapa ?tidak mungkin umunya sama 30 tahun sebab kita ada dokumentasinya,”ungkap Kadis PU Maluku ini.

Untuk anggarannya tambah Usemahu,Sudah ada anggaranya yang di plot lewat APBD.Cuma  saat ini  kita proses data dulu ,sehingga jangan sampai di  kemudian hari,akan terjadi masalah.

“Anggaran untuk ganti rugi itu sudah ada sekitar 1,2 milyar itu untuk pembayaran di  beberapa lokasi seperti Laha,Negeri Lima,dan Wakal Taeno,jadi ini hanya khusus tanaman,”tandas Kadis PU Maluku Ismail Usemahu.(Aris Wuarbanaran)

About admin

Check Also

Hursepunny : Lokakarya Update Untuk Rencana Kontijensi Gempa Bumi dan Tsunami

AMBON,N25NEWS.COM-Lokakarya untuk mengupdete bencana gempa bumi dan tsunami  yang terjadi di Provinsi Maluku,maka rencana kontijensi …