Wabup Kepulauan Tanimbar Agustinus Utuwaly Menyerahkan Sertifikat Tanah Kepada Masyarakat Makatian 

SAUMLAKI,N25NEWS.com-Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar,Agustinus Utuwaly,S.Sos yang didampingi Kepala Kantor Wilayah  (Kakanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Maluku,Toto Sutantono,SH menyerahkan sertifikat tanah secara simbolis kepada perwakilan masyarakat Makatian Kecamatan Wermaktian,bertempat diruang rapat Wabup,Kamis (14/1).

Diketahui Kabupaten Kepulauan Tanimbar diberikan target program strategis nasional di tahun 2020 sebanyak 8.600 bidang tanah yang meliputi,kegiatan redistribusi tanah sebanyak 4.000 bidang tanah dan kegiatan PTSL sebanyak 4.600 bidang tanah,sehingga anggarannya dialihkan dan targetnya turun-menurun di karenakan kondisi pandemi  COVID-19.

Selain itu,kegiatan Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap  (PTSL) sebanyak 4.600 bidang tanah,100 persen sudah sudah terealisasi dan redistribusi tanah sebanyak 4.000 bidang tanah khususnya desa Makatian,Kecamatan Wermaktian sudah terselesaikan dan siap di kucurkan ke masyarakat.

“Penyerahan sertifikat tanah ini sebagai upaya percepatan dan menyukseskan program pendaftaran PTSL,serta kepastian hukum atas kepemilikan tanah atas masyarakat.Sehingga diharapkan dapat memberikan manfaat besar,guna peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kepulauan Tanimar,”jelas Utuwaly.

Adapun,untuk sertifikat tanah tersebut terdiri dari 8.000 sertifikat di Kepulauan Tanimar dan 600 sertifikat di Kabupaten Maluku Barat Daya  (MBD).

Ada dua untuk pembagian sertifikat yang di rincikan sebagai berikut :

1.PTSL ini fokus untuk pemukiman masyarakat sebanyak 4.000 sertifikat yang sudah diterbitkan dan juga telah diserahkan untuk desa Lauran Kecamatan Tanimbar Selatan.

2.Redistribusi  (mencakup pemukiman dan lahan pertanian/perkebunan) sebanyak 4.000 sertifikat yang telah diserahkan secara simbolis di tanggal 14 Januari 2021 kepada masyarakat desa Makatian.

Reporter  : Sanra

Editor       : Aris Wurbanaran

 

Check Also

Kepala Inspektorat Kepulauan Tanimbar Di Minta Panggil Pejabat Kades Lauran

SAUMLAKI,N25NEWS.com-Anggaran Dana Desa (DD) tahun 2019 silpa,yang dicairkan di tahun 2020 sejumlah Rp 800 juta …