Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno

Wagub Dorong Desperindag Kembangkan IKM Untuk Kelapa

AMBON,N25NEWS.com-Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno dorong Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Desperindag) Provinsi Maluku untuk membuat rencana tata ruang pengembangan industri kecil menengah untuk kelapa.

Hal tersebut dikatakan Wagub dalam sambutannya pada acara Pengembangan IKM Kelapa Terpadu di Provinsi Maluku,yang berlangsung di Hotel Santika Premire Ambon,selasa (28/8/2019).

Lebih lanjut Wagub mengatakan,pemerintah daerah sangat mendukung pemgembangan Industri Kecil Menengah (IKM) yang pada intinya adalah membuka peluang guna menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat dengan mendorong Desperindag untuk kembangkan IKM khususnya buah kelapa.

” Disperindag harus buat tata ruang pengembangan kelapa kemudian diusulkan ke Kementerian Perindustrian dan Perdagangan melalui Dirjen juga ke Bappenas,” kata Wagub Barnabas Orno.

Baca juga :   Serbuan Air Pasang Di Tanah Goyang Resahkan.Warga, Dinas PU PR SBB Nyatakan Proyek Pembuatan Talud Penahan Ombak Sudah Diprogramkan

Selain itu,Orno juga mendorong agar kelapa yang juga adalah tanaman berumur panjang ini yang tumbuh diseluruh daerah di Maluku dapat dijadikan produk unggulan daerah.Bahkan dirinya mencontohkan bahwa minyak kelapa murni masih bisa diolah untuk keperluan lainnya.

” Minyak kelapa murni bisa diolah untuk sabun ,hand body dan bahkan untuk bahan kosmetik lainnya,”jelas mantan Bupati Maluku Barat Daya ini.

oleh karena itu dirinya juga mendorong,semua perusahaan lokal,seperti hotel dan penginapan menggunakan produk lokal yang berasal dari kelapa,serta dibuatnya peraturan untuk menunjang hal tersebut.

Reporter    : Aris Wuarbanaran

Editor        : Redaksi

Check Also

P2TP2A Maluku Bahas Program Kerja

AMBON,N25NEWS.com-Setelah dilantik oleh Gubernur Maluku beberapa waktu lalu, Selasa (2/3/2021) kepengurusan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan …