Wagub Maluku,Pendidikan Akan Maju Jika Memulai dari Moral Dan Budaya Daerah

AMBON,N25NEWS.com-Pendidikan akan maju ketika memulai sesuatu hal dari moral dan melestarikan budaya daerah, yang dimiliki karena itu merupakan bagian dari hidup orang basudara di Provinsi Maluku.

Hal tersebut dikatakan Wakil Gubernur Maluku,Drs.Barnabas Orno,dalam sambutannya pada acara Forum OPD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku,di Hotel Golden Palace Ambon,rabu (19/2).

“Terkait dengan muatan lokal kita harus mengajarkan kepada anak-anak siapa leluhur kita yang ikut andil memerdekakan bangsa ini, karena sejak dulu leluhur kita sudah terorganisir setelah itu barulah kita memperkenalkan tokoh pahlawan nasional,”kata mantan Bupati MBD ini.

Menurutnya,pemerintah provinsi Maluku akan mendorong hal ini dan meminta,kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku,untuk membentuk sebuah tim kecil,guna menyusun buku tentang kearifan lokal Maluku,untuk dipelajari oleh anak-anak jaman now (milenial),sehingga dapat di budayakan kembali.

“Kenapa saya tekankan masalah kearifan lokal ?, karena disana mengajarkan tentang kesopanan dan saling menghargai satu dengan yang lainnya,”jelas mantan Wakil Bupati Kepulauan Tanimbar ini.

Selain itu,Orno juga menyinggung mengenai dengan anggaran,maka ia meminta agar sebelum menyusun rencana anggaran pendidikan agar dikordinasikan dengan baik,sehingga semua bisa berjalan  sesuai dengan rencana.

“Saya harap guru harus diperhatikan dengan baik,salah satunya sertifikasi guru,maka sudah barang tentu hal ini akan menjadi motifasi bagi guru untuk memberikan pelayanan pendidikan kepada para siswa-siswi,sehingga melahirkan mutu pendidikan yang juga berkualitas di negeri raja-raja ini,”tandas Orno.

Reporter            : Aris Wuarbanaran

Editor                : Redaksi

 

Check Also

Sebanyak 396 Sekolah Menengah Atas Di Maluku Ikut UN Wajib Gunakan Komputer

AMBON,N25NEWS.com-Sebanyak 396 sekolah menengah atas dari SMA dan SMK yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN) …