Breaking News
Maluku, Wakil Gubernur Barnabas Orno

Wagub Maluku :Perlu Dibuat Perda Untuk Legalkan Sopi

AMBON,N25NEWS.COM-Hampir semua masyarakat di Provinsi Maluku memproduksi minuman tradisional sopi,salah satunya di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD),dimana sopi inilah yang membiayai hampir sebagian besar kehidupan masyarakat di MBD.

Hal ini dikatakan Wakil Gubernur Maluku,Barnabas Orno kepada awak media di Kantor Gubernur Maluku,kamis (20/6/2019).

Menurutnya lagi,daerah-daerah di Maluku hampir semua menjadi sentra produksi sopi yang walaupun munuman tradisional ini masih dikatakan ilegal.Tetapi sopi merupakan citra yang terwujud dalam semangat persaudaraan yang telah berakar dalam kehidupan masyarakat Maluku.

“Sopi itu,merupakan hikmat dari Tuhan untuk para leluhur masyarakat  untuk membuat minuman tradisional itu dan sebenarnya sopi adalah simbol adat kita di Maluku,”kata Orno.

Adapun sopi yang dalam bahasa Belanda adalah Zoopje ini (alkohol) bukan saja dikonsumsi oleh para kaula muda untuk mabuk-mabukan,tetapi sopi merupakan minuman yang sangat berarti dalam melaksanakan upacara adat atau pesta adat yang mana sopi menjadi harga mati.

“Jadi kalau petugas menyita sopi dan memusnakannya berarti adat kita di lecehkan,jadi kalau petugas (polisi) mau menertipakan minuman tradisional ini,berarti tangkap dulu orang-orang pemabuk,tapi memang kekurangan kita adalah belum legalnya minuman ini,”jelasnya.

Baca juga :   Kades Kawa Terharu Sambut Ibu Widya

Sebenarnya ada rencana Pemerintah Daerah (Pemda) maupun dari DPRD untuk sopi di perdakan,dengan demikian Pemda dapat mengontrol produksinya.

“Jadi menurut saya kita harus membuat Perda Payung,karena sopi itu dikatagorikan golongan C masuk minuman keras (miras) dan juga ilegal,”tuturnya.

Adapun juga pembuatan sopi yang sangat sederhana (manual) dan sangat menguras tenaga, keringat di atas pohon enau maupun mayang,maka sudah barang tentu seharusnya pemerintah ada pertimbangan-pertimbangan kemanusiaan.

“Untuk itu,saya berharap,DPRD dan Gubernur dapat memperdakan sopi ini,masakan Bir dan JW didatangkan dari luar kita beli sama saja kan dengan sopi,Cuma sopi belum dilegalkan.Jadi sopi harus dilegalkan karena sopi juga merupakan nadi kehidupan masyarakat dari sisi ekonomi,”tandas Orno yang juga putra asli MBD ini

Repoter     : Aris Wuarbanaran

Editor       : Redaksi

About admin

Check Also

Srikandi Maraina Dukung Kongres Seram Alifuru Bersatu

AMBON,N25NEWS.COM – Keinginan masyarakat Pulau Seram Maluku untuk mengadakan kongres Seram Alifuru Bersatu di Kota …