Breaking News

Wagub Membuka Resmi Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Kabupaten Maluku Barat Daya

AMBON,N25NEWS.COM-Setiap wilayah mesti ada karakternya,seperti Tabea,Kalwedo.di Maluku Barat Daya saat ini setiap sambutan pemerintah daerah tidak ada lagi syalom atau assalamulaikum,tetapi semuanya Kalwedo.Bahkan diacara-acara Pemda diatas meja para pemimpin itu wajib hukumnya ada makanan loka seperti jagung goreng,dendeng kerbau Moa dan jeruk Kisar.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Maluku,Barnabas Orno dalam sambutannya pada Acara Pembukaan Pelatihan Dasar Calon CPNS Golongan III,Angkatan III Lingkungan Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya,yang berlangsung di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Maluku,senin (13/5/2019).

Lebih lanjut Orno mengatakn bahwa,”Kenapa saya bingkai MBD itu dengan bingkai Kalwedo ?,karena Kalwedo artinya saling menghormati,toleransi,mengasihi,jadi tidak boleh memandang oarng yang datang ke MBD itu orang lain,sebab siapa saja yang datang ke MBD dia adalah Kalwedo,”kata dia.

Jadi ini soal pembentukan karakter di MBD,mestinya setiap prajabatan pada setiap kabupaten harus lebih cenderung pada muatan lokal yang diberikan adalah filosofi atau karakterstik dari pada daerah itu sendiri sehingga dia mengenal daeranya.

Adapun dasar hukum dari pada penyelenggaraan pelatihan dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan III,berdasarkan UU Nomor 5  Tahun 2014 tentang ASN,dengan tujuannya agar pelatihan ini dapat membentuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berkarakter dalam sikap perilaku bela negara dengan nilai-nilai dasar PNS,serta mampu melaksanakan tugas secara professional.

Baca juga :   Pempus Tidak Serius Sahkan Provinsi Kepulauan,Wagub Maluku Ancam Bubarkan Asosiasinya

Peserta yang mengikuti Pelatihan Dasar CPNS Golongan III di Lingup Pemda MBD ini sebanyak 125 orang,rinciannya CPNS Golongan III Kabupaten MBD sebanyak 124 orang dan CPNS Golongan III Kabupaten Maluku Tengah 1 orang.

Pelatihan Dasar Calon PNS Golongan III ini akan berlansung BPSDM Provinsi Maluku dengan durasi pelatihan dilaksanakan selama 51 hari kerja.Dimana 21 hari kerja untuk pembelajaran klasikal (on campus) dan 30 hari kerja untuk pembelajaran non klasikal (off campus).

“Untuk pembentukan PNS yang berkarakter dan professional maka pelatihan dasar CPNS ini kita bagi dalam 4 agenda yakni sikap perilaku bela negara,nilai-nilai dasar PNS,kekdudukan dan peran PNS serta Habituasi.Kemudian penguatan kompetensi bidang tugas terdiri lagi yakni kompetensi teknis umum/administrasi dan kompetensi teknik substantive,”jelasnya.

Pelatihan dasar CPNS Golongan III ini juga menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan dan sasaran yang akan dicapai yakni proses belajar mengajar andragogi yang mana memacu partisipasi secara aktif saling asah,saling asih dan saling asuh diantara peserta.

“Sementara itu untuk biaya penyelenggaraan pelatihan dasar calon CPNS ini kita bebankan pada DPA BPSDM Provinsi Maluku yang bersumber dari APBD Pemda MBD dan Pemda Malteng tahun anggaran 2019,”tandas Barnabas Orno.

Reporter       : Aris Wuarbanaran

Editor           : Redaksi

 

About admin

Check Also

Wagub Maluku, Apresiasi Kerjasama AMGPM – Pemda

AMBON,N25NEWS.com- Wakil Gubernur (Wagub) Maluku Barnabas Orno menyampaikan aprsesiasinya atas kerjasama yang terjalin dengan baik …

×

N25NEWS.com