Wagub,Budaya Imlek Mempersatukan Orang Maluku

AMBON,N25NEWS.com-Wakil Gubernur Maluku (Wagub) Barnabas Orno mengatakan,Maluku sejak dahulu merupakan daerah yang multi budaya.Perjumpaan antar bangsa dan suku membentuk jatih diri masyarakat didaerah ini yang bhineka tunggal ika,maka keragaman agama dan adat merupakan kekayaan masyarakat Maluku yang perlu dijunjung tinggi.

“Sebagai pimpinan di Maluku saya menyambut gembira dan meyampaikan turut suka cita bersama basudara Tionghoa yang merayakan Imlek saat ini,”kata Wagub dalam sambutannya pada acara Perayaan Tahun Baru Imlek 2571 Tahun 2020 yang berlangaung di Buddha Center Gunung Nona Ambon,pada jumat malam (24/01).

Menurutnya,perayaan Imlek dan berbagai tradisi serta adat istiadat,dirawat dan dikembangkan termasuk aneka kuliner dapat dinikmati bersama-sama serta tak kalah penting suasana kekeluargaan dan kebersamaan makin terus di kokohkan.Hal ini penting di tengah dunia yang kian modern serta nilai kekeluargaan yang kian tergerus.

Baca juga :   Lewat Rakor, Pemprov - Kemenag Percepat Tahun 2020 Maluku Jadi Embarkasi Haji

“Untuk itu,melalui perayaan Imlek ini,saya berharap dapat memperkuat tali persaudaraan yang damai,toleran,serta momentum ini juga memperkuat toleransi antar agama dan masyarakat guna membangun Maluku yang maju dan sejahtera,”tandas Wagub.

Sementara itu,dikesempatan yang sama Ketua Panitia Perayaan Tahun Baru Imlek 2571 tahun 2020,Rudi Li mengatakan,maksud dan tujuan diadakan kegiatan ini,sebab momen Imlek ini dapat menumbu kembangakan rasa kebersamaan antar umat Buddha di Maluku.

“Saya barharap momen Imlek ini bukan hanya milik etnis Tionghoa semata,namun Imlek telah menjadi milik bersama maayarakat bangsa Indonesia,”ungkap Li.

Adapun,untuk diketahui tema Perayaan Imlek 2571 Tahun 2020 ini adalah “Budaya Imlek Mempersatukan Anak Maluku”.

Reporter : Aris Wuarbanaran

Editor :Redaksi

Check Also

Pengurus Wanita Islam Harus Miliki Kepekaan Yang Tinggi

AMBON,N25NEWS.com-Pengurus Wanita Islam (WI) Provinsi Maluku diharapkan memiliki kepekaan yang tinggi dalam mendengar berbagai aspirasi …