Breaking News

Wakil Bupati Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Siwalima 2019

MALRA,N25NEWS.COM – Wakil Bupati Maluku Tenggara, Ir. P. Beruatwarin, M.Si Menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Siwalima 2019 Polres Maluku Tenggara di Lapangan Apel Polres Maluku Tenggara, Senin, (28/5/2019).

Apel tersebut dihadiri Oleh Forkopimda, jajaran staf POLRI, dan sebagai peserta apel terdiri dari pasukan POLRI, TNI AD, TNI AL, Satpol PP Kab. Maluku Tenggara dan Dinas Terkait. Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Siwalima dilaksanakan dalam rangka pengamanan perayaan Idul Fitri 1440 H di wilayah Hukum Polres Maluku Tenggara.

Pada Apel tersebut, Kapolres Malra, AKBP. Indra Fadilah Siregar, S.IK menyampaikan bahwa Operasi Ketupat tersebut akan digelar selama 13 hari mulai dari tanggal 29/05 hingga 10/6.

Lanjut Siregar  bahwa Operasi Ketupat pada tahun ini memiliki karakteristik yang khas dibandingkan dengan operasi pada tahun-tahun sebelumnya.

“Operasi Ketupat pada tahun ini akan dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggaraan tahapan Pemilu Tahun 2019. Disampaikan pula bahwa hal tersebut membuat potensi kerawanan yang akan dihadapi dalam penyelenggaraan Operasi Ketupat Tahun 2019 semakin kompleks,”tandasnya.

Selain itu katanya lagi, alasan Operasi Ketupat tersebut didasari oleh berbagai gangguan terhadap stabilitas kamtibmas berupa aksi serangan teror, baik kepada masyarakat maupun kepada personel dan markas Polri; berbagai kejahatan yang meresahkan masyarakat, seperti pencurian, perampokan, penjambretan, begal dan premanisme; aksi intoleransi dan kekerasan, seperti aksi sweeping oleh Ormas; gangguan terhadap kelancaran dan keselamatan transportasi darat, laut dan udara; permasalahan terkait stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok: dan bencana alam tetap menjadi potensi kerawanan yang harus diantisipasi secara optimal dalam Operasi Ketupat Tahun 2019 ini.

“Operasi Ketupat  akan dilaksanakan di seluruh 34 Polda dengan 11 Polda prioritas yaitu Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda DIY, Polda Jawa Timur, Banten, Lampung, Sumsel, Sulsel, Bali dan Papua,”tambah Siregar.

Operasi akan melibatkan personel gabungan diantaranya personel Polri, TNI, Kementerian dan Dinas terkait, Satpol PP, Personel Pramuka, serta personel organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan.

Dijelaskan pula bahwa Operasi Ketupat Tahun sebelumnya menjadi analisis dan evaluasi terhadap penyelenggaraan Operasi tersebut yang menunjukkan tingkat keberhasilan yang sangat baik. Koordinasi dan kerjasama sinergis dari seluruh pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan Operasi tersebut juga mendapat apresiasi positif dari semua publik.

Apel kemudian diakhiri dengan pemeriksaan pasukan oleh Kapolres sebagai Inspektur Apel dan Forkopimda Malra.

Sumber :Humas Kab Malra

About admin

Check Also

Bupati Malra Menghadiri Acara Syukuran Perayaan Misa Pertama Imam Baru RP. Everardus Resubun, MSC

MALRA,N25NEWS.COM – Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun menghadiri Acara Syukuran Misa Pertama Imam Baru …