Home / Kota Ambon / Wakil Ketua DPRD Ambon Reses di Ongkoliong, Serap Asprasi Konstituen

Wakil Ketua DPRD Ambon Reses di Ongkoliong, Serap Asprasi Konstituen

AMBON,N25NEWS.COM -Reses waktu yang paling ditunggu-tunggu para wakil rakyat yang duduk di  parlemen untuk menjumpai konstituan di daerah pemilihannya (dapil) seperti yang dilakukan Wakil Ketua DPRD Kota Ambon Rustam Latupuno yang mengambil waktu resesnya bertemu langsung dengan warga Ongkoling RT 01/02 dan 03. RW/010 Desa Batumerah Kecamatan Sirimau Kota Ambon.

Reses dengan agenda mendengar seluruh aspirasi konsitituen warga Ongkoliong, Selasa(16/10/2018) berlangsung aman dan lancar meskipun di alam terbuka, sehingga warga dengan bebas bisa mendengar apa yang disampaikan Latupono maupun menyampaikan apa yang menjadi kebutuhan yang paling mendasar warga Ongkoliong.

Pantauan N25NEWS.COM ini dilokasi reses, terlihat sedikitnya tiga ratusan masyarakat dari berbagi suku adat maupun tokoh agama yang hadir pada saat itu.

Selain wakil ketua DPRD Kota Ambon politikus asal Partai Gerindra, Rustam Latupono yang juga sekretaris DPC Partai Garinda Kota Ambon kali ini juga menempatkan diri kembali sebagai calon legislativ (caleg) dari dapil sebelumnya yakni Sirimau II.

Setelah mendengar semua keluhan warga, baik itu persoalan pendidikan, kesehatan maupun persoalan ancaman kondisi talud yang sudah sangat memperhatikan jika tidak secepatnya ditangani Pemerintah Kota Ambon.

Menanggapi hal tersebu kata Latupono didepan warga Ongkoliong  dirinya berjanji  akan memenuhi semua persoalan yang menjadi keluhan warga yang merupakan skala prioritas yang sangat dibutuhkan

Namun untuk mewujudkan semua itu harus disesuaikan dengan kondisi anggaran yang ada

Dimana dari alokasi APBD yang ada di Pemerintan Kota Ambon, serapan anggaranya lebih besar pada belanja pegawai sehingga hanya tersisa anggaran sebesar kurang lebih Rp 200 miliar dari APBD sebesar 1,1 triliun setiap tahun untuk pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat.

“Dari APBD Kota Ambon sebesar Rp 1,1 trilun, itu lebih banyak pada belanja pegawai dan lainnya yang jumlahnya kurang lebih Rp 600 miliar yang harus dibayar setiap tahun, sehingga sisanya untuk pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat sebesar Rp 200 miliar lebih, bisa untuk bangun jalan, jalan setapak dan talud, sehingga jika tidak ada wakil rakyat disana sampai akhir zaman pembangunan talud yang menjadi harapan warga tidak akan ada,”jelasnya.

Untuk itu selaku wakil rakyat  yang amanah Latupono kembali berjanji untuk     tetap  memperjuangkan apa yang menjadi  aspirasi masyarakat terlebih khusus pada pembangunan talud yang menurut warga bisa menjadi ancaman terhadap keselamatan warga.                                                                                                                Olehnya itu, tanggungjawab sebagai wakil rakyat haruslah dilaksanakan dengan sungguh-sungguh walaupun tantangan begitu besar. Sehingga masyarakat tetap percaya dan yakin atas amanat yang diberikan pada dirinya dengan mayakinkan warga kalau ketukan palu anggaran itu menjadi tanggungjawan pihak legislatif.

“Intinya percayakan aja pada kami di DPRD, saya akan lakukan yang terbaik untuk rakyat, Insha Allah dan jika pembangunan talud pantai dan talud longsoran tidak masuk di Ongkoliong jangan pilih beta dan itu pirinsip beta tidak mau berjanji dan tinggalkan begitu saja,”pungkasnya.

Bahkan untuk meyakinkan warga kembali Latupono mengatakan kalau dalam waktu dekat pihaknya dengan Pemkot Ambon akan membahas anggaran tahun 2019, sehingga persoalan pembangunan talud pantai dan longsog yang akan menjadi prioritas pelaksanaan dan ini juga merupakan kebutuhan hajat orang banyak.

Sementara menyangkut dengan kebutuhan warga lainnya seperti, pemberdayaan, pendidikan, air bersih dan lainnya lanjut Latupono, itu merupakan salah satu kebutuhan yang paling mendasar yang sangat dibutuhkan, sehingga perlu juga menjadi perhatian DPRD untuk bisa menyuarakan ke pemerintah.

“Jadi ada tiga hal penting yang akan menjadi skala prioritas di tahun anggaran 2019 yakni, pembangunan talud pantai, longsor dan pemberdayaan masyarakat.

Oleh : Gali Markalin

About admin

Check Also

Masih Terjadi Tumpang Tindih Usulan PAW Anggota DPRD Ambon

AMBON,N25NEWS.COM –Usulan Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Kota Ambon dari Partai Demokrat masih terjadi …