Walalayo Minta Dinas Kominfo Bangun Tower BTS Di Tehoru-Telutih

AMBON,N25NEWS.com-Provinsi Maluku pada tahun 2020 ini akan mendapat bantuan pembangunan Tower Base Transceiver Station (BTS),sebanyak 429 tower BTS oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Adapun,ke 429 tower ini diperuntukan bagi daerah tertinggal dan terdepan (3T),seperti di Kabupaten Maluku Barat Data,Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) dan Kabupaten Kepulauan Aru,seperti yang sisampaikan Kepala Dinas Kominfo Provinsi Maluku,di media masa dan mendapat tanggapan serius dari pemuda kecamatan Tehoru-Teluti,Joses Dos Santos Walalayo.

Menurut Walalayo,bukan hanya tiga kabupaten yang ada di pulau-pulau terkuar dan terdepan yang membutuhkan pembangunan tower BTS,namun di kecamatan Tehoru dan kecamatan Telutih serta daerah lain di Maluku sangat membutuhkan pemnangunan tower tersebut.

“Kecamatan Tehoru dan kecamatan Telutih sangat membutuhkan tower BTS di dua kecamatan tersebut,sebab mengingat akses internet maupun telekomunikasi (telepon selular) masih cukup terkendala dengan jaringan yang sangat jelek,”ungkap Ketua Devisi Olahraga Forum Pemuda Maluku Bisa (FPMB) yang dibina langsung oleh istri Gubernur Maluku ini,kepada N25NEWS.com belum lama ini.

Ia menambahkan,untuk mengases jaringan internet masyarakat harus ke tepi pantai untuk duduk mengakses internet,baginya hal ini sangat tidak bagus bagi generasi muda yang masih duduk di bangku pendidikan.

“Masa mereka mau mencari tugas di internet harua ke pantai,itu kan tidak mungkin,sebab seharusnya anak-anak sekolah harus duduk di rumahnya untuk mengakses jaringan internet,tanpa harus ke pantai,ini sangat disayangkan,”tukas Walalayo.

Adapun,selama ini di kampung halamannya di negeri Hatu Kecamatan Tehoru,juga tidak terlayani jaringan internet,bahkan ada juga beberapa negeri tetangga di Kecamatan Tehoru dan Telutih mengalami hal yang sama sepert di negeri Hatu.

Oleh karena itu,tambah Walalayo yang juga Wakil Ketua DPD KNPI ini,dalam waktu dekat ini,dirinya akan berencana menemui gubernur Maluku,Kepala Dinas Kominfo Provinsi Maluku,Kadis Kominfo Maluku Tengah dan DPRD Provinsi Maluku untuk membicarakan terkait dengan pembangunan tower BTS tersebut.

Walalayo juga menegaskan,dirinya siap membantu pemda dalam hal ini Dinas Kominfo,untuk mencari lahan bagi pembangunan tower BTS,salah satunya dengan berkomunikasi dengan pemilik lahan atau tuan tanah,sebab akses internet di dua kecamatan tersebut sangat penting.

“Negeri saya yaitu Hatu siap menerima pembangunan tower BTS jikalau Dinas Kominfo bersedia untuk lahan,saya pastikan sendiri akan menyiapkan lahan tinggal di survei saja,”tutur Walalayo.

Selain itu,ia berharap Dinas Kominfo Provinsi Maluku pimpinan Semy Huwae bisa melihat hal ini,sebab masyarakat pada dua kecamatan tersebut sangat membutuhkan jaringan internet.

Reporter : Joses Santos Walalayo

Editor : Aria W

Check Also

Cipayung Maluku Tengah Merekomendasikan 3 Poin Penting Untuk Ketua KNPI Terpilih Safi Boeng

MASOHI,N25NEWS.com – Dalam penyelenggaraan Musyawarah daerah,Komite Nasional Pemuda Indonesia Kabupaten Maluku Tengah yang  ke XIV …