Breaking News
Walikota Ambon Richard Louhennapessy saat konfrensi pers di ruangannya kamis (02/05/2019).

Walikota Ambon Pecat 13 ASN Koruptor

AMBON,N25NEWS.COM – Pemerintah Kota Ambon telah memecat secara tidak hormat 13 Pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah itu yang terlibat kasus korupsi dan telah memiliki hukum tetap.

Hal ini di sampaikan Walikota Ambon Richard Louhennapessy saat konfrensi pers di ruangannya kamis (02/05/2019).

Terkait dengan SK tiga menteri itu kata Louhenapessy Pemerintah Kota /Kabupten dan Provinsi di berikan waktu paling terlambat 30 April 2019  untuk memeecat seluruh ASN-ASN yang terlibat dan telah memiliki keputusan hukum tetap atau incrach dari pengadilan dengan indikasi sebagai korupsi.

“Dari SK itu di berikan waktu bagi semua Pemerintah Kota/Kabupaten maupun Provinsi paling terlambat 30 April sudah arus di terbutkan SK pemecatan,dengan dasar-dasar itu selaku Walikota saya telah terbItkan Surat Keputusan pemecatan dengan tidak hormat  kepada 13 ASN Kota Ambon sebelum tanggal 30 April,”ujar Walikota Ambon Richard Louhenapessy.

Lanjut Walikota dari 13 ASN yang di pecat secara tidak hormat itu, ada 2 yang memegang jabatan eselon II dan satu lagi eselon IV,untuk  jabatan eselon itu sudah di serah terima dengan menunjuk PLT.

“Nah dari 13 ASN yang di pecat itu saya melihat ada 3 ASN yang selaku Walikota saya mendorong untuk mengajukan gugatan ke pengadilan PTUN supaya kalau ada yang merasa bahwa kebijakan itu bertentangan dengan rasa keadilan silakan saudara mengajukan gugatan ke PTUN,”tandas Walikota di hadapan para awak media.

Baca juga :   DiskominfoSandi Gelar Bimtek Tingkatkan Sistem Keamanan Informasi

Selain itu alasan yang lain kata Walikota,3 ASN yang di pecat itu sudah mengabdi 20 hingga 30 tahun hanya karena tanda tangan saja di berih hukuman sama dengan yang melakukan korupsi.

Menurut Walikota keputusan pengadilan itu ibarat mata uang,yang satu ini normatif keputusan hukumnya yang satu lagi keputusan dimensinya keadilan,sehingga kadang-kadang keputusan pengadilan hanya mengamankan keputusan normatifnya saja,sehingga kenapa dirinya mendorong 3 ASN untuk menggugat Pemerintah Kota atas pemecatan mereka.karena menurutnya dasar untuk mengajukan gugatan adalah Keputusan Walikota.

“Tapi untuk  yang benat-benar terlibat korupsi saya ajuran kalian terima nasib saja,”tangkapnya.

Sementara itu di tempat yang sama , Kepala Badan Kepegawaian dan SDM Pemkot Ambon, Benny Selanno mengatakan bahwa ,13 ASN aktif koruptor yang dipecat itu rinciannya adalah dua orang di BKPSDM serta masing-masing satu orang di BPKAD, di kantor camat Teluk Ambon, Dispora, BPBD, Dinsos, Dinas PUPR, Dinas koperasi-UMK, Dinas penyelamatan dan Damkar, kantor kecamatan Sirimau, Disparbud dan Inspektorat. “Mereka sudah tidak lagi berkantor, tidak mendapat gaji dan pensiun,” kata Selanno.

 

About admin

Check Also

Walikota Ambon Harap ASN Penghuni Rusun Nania Jadi Pionir Untuk Rubah Mindset Masyarakat Akan Hunian Rusun

AMBON,N25NEWS.COM – Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan bahwa budaya tinggal di rumah susun belum melekat …