Warga Desa Wakal di Maluku Tengah Sudah Mulai Tarawih

WAKAL,N25NEWS COM – Warga Negeri Wakal Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Pulau Ambon, Jumat (3/5/2019) malam sudah menggelar Shalat tarawih pertama, 1 Ramadhan 1440 Hijriah.

Pelaksanaan Shalat Tarawih ini berbeda tiga hari dengan pemerintah yang baru akan melaksanakan sidang isbat pada hari Minggu mendatang.

Shalat Tarawih dipusatkan di Masjid Nurul Awal Wakal yang diikuti jamaah warga setempat. Warga Wakal meyakini penentuan 1 Ramadhan telah sesuai perhitungan atau hisab yang dilakukan sejak dahulu, berdasarkam sistem hisab terun temurun oleh nenek moyang mereka.

“Metode perhitungan sudah kita mulai sejak memasuki tanggal 1 bulan Muharram dengan cara menghitung huruf Hijaiyah,” Kata Imam Masjid Nurul Awal, Kasim Tahapary.

Imam Masjid Nurul Awal menjelaskan, penetapan 1 ramadhan melalui perhitungan bulan. Namun tidak terlepas dari metode menghitung penanggalan tahun hijriah. Melalui metode perhitungan buang sama, para tokoh agama dan tokoh adat wilayah setempat juga menentukan penentuan 1 Syawal.

“Di negeri Wakal terutama para tokoh adat agama tahu munculnya 1 Ramadha,” tutur Kasim Tahapary.

Sumber: Y.Samenry

Editor : Redaksi

Check Also

Cegah Virus Corona,Peringatan Hari Waisak Dilaksanakan Di Rumah

AMBON,N25NEWS.com-Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19),berdampak pada pelaksanaan hari besar keagamaan.Sejumlah perayaan hari besar keagamaan dilaksanakan di …