Warga Maluku Diminta Tetap Waspadai Skimming ATM

AMBON,N25NEWS.COM – Kegiatan mencuri data nasabah pada kartu kredit merupakan bagian dari kejahatan perbankan melalui skimming.

Melalui metode skimming, kemudian para pelaku dengan mudah memasang perangkat skimmer pada mesin ATM, agar seluruh data nasabah kartu kredit maupun ATM bisa di jangkau oleh pelaku.

Diakui oleh Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi, Bank Indonesia Maluku, Andy Setyo Biwado pada saat ini, Selasa (20/03/18) di Ballroom Almrais Hotel, Kota Ambon.

Pasalnya, para pelaku atau komplotan pencurian tersebut rupanya sebagian besarnya, berasal dari luar negeri/ Negera Asing.

Memang untuk Wilayah Provinsi Maluku, temuan akan kejahatan skimming tersebut, sampai saat ini belum di jumpai di Maluku apalagi Kota Ambon.

Sekalipun memang, pencurian data dana nasabah sempat terjadi di Indonesia, dan itupun diketahui pada wilayah pulau Jawa, Yakni Jawa Timur.

” Tapi Alhamdulillah, pelakunya sudah berhasil ditangkap oleh pihak kepolisian dalam waktu singkat,” pungkasnya.

Dalam waktu bersamaan, dirinya mengatakan pihak bank dalam hal ini Bank BRI juga telah menyatakan bakal mengganti dana nasabah yang hilang apabila terbukti terjadi kejahatan skimming.

Baca juga :   Widya MI Serahkan Bantuan Modal Usaha Bagi 10 IKM Di Maluku

“Terkait kasus ini, pihak Bank Indonesia Maluku mintakan kepada masyarakat agar tidak perlu panik tetapi tetap harus waspada,” pungkasnya.

“Menyangkut kejahatan ini kemudian, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Kepolisian serta pihak Perbankan akan terus memperkuat koordinasi untuk memitigasi potensi risiko kejahatan di bidang teknologi informasi, termasuk skimming,” tambah Setyo.

Guna mengantisipasi tindakan tersebut, Bank Indonesia lalu mengintruksikan seluruh bank untuk mempercepat migrasi kartu debit dari teknologi pita magnetik (magnetic stripe) ke teknologi chip. Oleh sebab teknologi chip lebih aman dan menurunkan risiko kejahatan termasuk metode skimming.

Menutupnya, Setyo menghimbau kepada masyarakat Maluku agar perlu memahami tips aman menggunakan kartu ATM.

“Pengguna ATM sebaiknya mengganti PIN secara berkala dan hindari PIN yang mudah ditebak. Waspada terhadap lingkungan sekitar ATM dan perhatikan kondisi fisik mesin ATM serta segera laporkan kepada pihak bank jika kondisi mesin ATM mencurigakan,” tutupnya. (Amy Latuny)

 

Check Also

Gubernur Maluku Lepas Ekspor Tuna Ke Jepang

AMBON,N25NEWS.com-Gubernur Maluku Murad Ismail melepas ekspor komuditas ikan Tuna ke Narita Jepang.Diandai pemasangan label Bea …