Breaking News

Wujudkan Desa Pangan Aman Madya di Desa Tual Melalui Pengawalan Program Gerakan Keamanan Pangan Desa

TUAL,N25NEWS.COM – Melanjutkan Program Gerakan Keamanan Pangan Desa yang telah dilaksanakan di Kota Tual tahun lalu, pada tahun ini, Balai POM Ambon melakukan Pengawalan Desa terhadap tiga desa yang telah diintervensi, yaitu Desa Tual, Desa Dullah dan Desa Fiditan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27 – 28 Maret 2019 yang dihadiri oleh perwakilan segenap unsur masyarakat yang ada di desa, dengan menghadirkan M. Viva Agusta dan Indrayani Hardi dari Balai POM di Ambon sebagai narasumber.

Kegiatan hari pertama (27/03) dilaksanakan di Kantor Desa Tual, Kecamatan Pulau Dullah Utara, yang dihadiri 49 orang peserta dari perangkat desa dan kader Desa Tual dan Desa Fiditan. Sementara hari kedua (28/03) dilaksanakan di Balai Desa Dullah, Kecamatan Pulau Dullah Utara yang dihadiri oleh 25 orang peserta tim keamanan pangan desa dan kader desa Dullah. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pengawalan desa pratama menjadi desa pangan aman madya di ketiga desa di Tual. Diharapkan dengan pengawalan desa ini, para kader keamanan pangan desa dan tim keamanan pangan desa tetap konsisten dan kontinuitas melakukan pengawalan terhadap komunitas desa dalam melakukan praktik hygiene sanitasi dalam pengolahan pangan guna mengawal keamanan pangan di desanya masing-masing.

Pada kegiatan pengawalan desa ini, para peserta kader keamanan pangan desa diberikan penyegaran berupa pembekalan materi keamanan pangan agar mampu melakukan penyuluhan, sosialisasi, pendampingan, terkait penerapan aspek-aspek kemanan pangan serta sampling dan pengujian menggunakan rapid tes kit di komunitasnya masing-masing. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode dua arah, di mana para peserta menyampaikan permasalahan dan kendala yang dihadapi, sedang narasumber membantu dalam memberikan solusi. Diharapkan nantinya kader-kader ini yang dapat mengawal dan membina komunitasnya masing-masing.

Sebagaimana amanat Undang-undang No. 18 Tahun 2012 tentang Pangan, bahwa negara berkewajiban mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, dan pemenuhan konsumsi Pangan yang cukup, aman, bermutu, dan bergizi seimbang, baik pada tingkat nasional maupun daerah hingga perseorangan secara merata di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sepanjang waktu dengan memanfaatkan sumber daya, kelembagaan, dan budaya lokal. Oleh karena itu Badan POM selaku penyelenggara tugas pemerintah di bidang pengawasan obat dan makanan hadir sampai ke pelosok desa untuk mewujudkan ketersediaan pangan yang aman, bermutu, dan bergizi.

Diharapkan melalui Program Gerakan Keamanan Pangan Desa, seluruh masyarakat Indonesia, tidak hanya di perkotaan tetapi sampai ke pelosok desa dapat mandiri dan mampu mengawal keamanan pangan di desanya masing-masing dan memilih pangan yang aman untuk dikonsumsi.

Kontributor: BPOM Ambon

 

About admin

Check Also

Bpom Ambon Lakukan Pengawasan Pangan Takjil Di Pasar Namlea

NAMLEA,N25NEWS COM – Balai POM di Ambon aktif melakukan Pengawasan Pangan Takjil di Kabupaten dan …