Home / Maluku / Zainudin Nasir Mantan Teroris Yang Bertobat
Zainudin Nasir alias Nurdin S Topi

Zainudin Nasir Mantan Teroris Yang Bertobat

AMBON,N25NEWS.COM-Sepuluh tahun merasakan dinginnya jeruji besi,dan tekat yang kuat untuk kembali berkumpul bersama  keluarga,menjadi titik balik bagi Zainudin Nasir alias Nurdin S Topi untuk menyadari kesalahannya menjadi seorang teroris.

Selama belasan tahun Zainudin mengikuti ajaran radikal dan masuk organisasi NII (Negara Islam Indonesia) yang ditengarai berafiliasi dengan teroris yang menyebarkan paham radikalisme,dan bagian dari aksi teror bom dibebera tempat di Jakarta dan Maluku,jumat (17/8)

“Saya masuk ke Ambon sejak tahun 2000,melalui jalur mujahidin,karena waktu itu saya merasa terpanggil karena adanya kerusuhan di Ambon kala itu,”jelas Zainudin yang juga menguasai perakitan bom dan bongkar pasang senjata api organik ini.

Zainudin Nasir yang oleh teman-temannya yang sering dipanggil Nurdin S Topi ini,karena dalam setiap kali penyamarannya selalu menjual es topi.Tahun 2006 ditangkap oleh Densus 88 di markas mereka di STAIN Kebun cengkeh dan divonis 20 tahun penjara serta ancaman hukuman mati.

“Saya menjalani hukuman 10,dipenjara saya mulai sadar (itikaf) bahwa tindakan saya menyebabkan banyak orang menderita bahkan sesama umat Islam,tepatnya 16 mei 2005 sampai 20 mei 2015 dengan menunjukan kelakuan yang baik,akhirnya keluar penjara dengan pembebasan bersyarat,wajib lapor hingga 2022,”ungkap pria kelahiran padang dan berprofesi sebagai wiraswasta ini.

Unutk itu diharapkan kepada semua masyarakat di Maluku bahwa kebersamaan merupakan hal yang paling berharga dan yang paling utama,”tandas pria yang memiliki 5 orang anak dan seorang istri asal Kei Maluku Tenggara ini.

Oleh : Aris Wuarbanaran

About admin

Check Also

BNN Maluku Musnahkan 7,15 kg Ganja Kering

AMBON,N25NEWS.COM – Badan Narkotika Nasional Provinsi Maluku memusnahkan barang bukti narkoba jenis  ganja kering seberat …