Breaking News

Zikir dan Tablig Akbar Ramaikan Malam Tahun Baru Islam Di Iha Kulur

SBB,N25NEWS.com – Ratusan pelajar di negeri Iha dan Kulur kecamatan Huamual kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), menggelar zikir dan tabligh akbar dalam rangka mengiringi malam pergantian tahun baru Islam 1441 Hijiriah di Masjid Besar Baitul Rahman negeri Iha, Sabtu Malam(31/08/2019).

Tablig yang diinisiasi oleh taman baca masyarakat (TBM) Rumah Inspirasi Iha-Ulupia tersebut menghadirkan ketua MUI Kota Ambon, Ustad Dr. Muhamad Rahanjamtel sebagai penceramah tunggal.

Direktur Rumah Inspirasi Iha-Ulupia, Muhammad Fahrul Kaisuku melalui pers rilis kepada media ini mengatakan, giat tersebut sudah menjadi target setelah persemian TBM Rumah Inspirasi awal Agustus 2019 lalu. Puncaknya tablig akabar berlangsung sederhana dan sukses.

“Alhamdulilah, tablig akbar berlangsung sukses. Penuh khidmat dan kesederhanaan. Kami juga memberikan paket hadiah kepada adik-adik pelajar dari tingkat SD sampai SMA,” ungkap Kaisuku.

Kaisuku menjelaskan, peserta yang hadir diperkirakan mencapai 130 orang. Mereka berasal dari kalangan masyarakat, pelajar dan kelompok majelis Ta’lim.

“Lebih banyak pelajar. Target kami adalah 200 peserta. Namun karena ada kendala satu dan lain hal hingga peserta kami batasi,” akui Kaisuku.

Dalam pelaksanaanya kata Kaisuku, majelis ta’lim remaja, Janna Tul Ma’wah dari MA BPD Iha-Kulur diberikan kesempatan membawakan dzikir Barzanji setelah ketua MUI kota Ambon membuka sholawat.

Kaisuku menerangkan, malam pergantian tahun selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh kebanyakan orang untuk dijadikan momentum renungan akbar.

“Terlebih perayaan malam tahun Baru Islam oleh TBM Rumah Inspirasi merupakan suatu bentuk transformasi ilmu kesejarahan tapak kaki perjalan Rasulallah kepada pelajar di negeri Iha-Kulur,” tegasnya.

Baca juga :   Bimas Islam Kemenag Laksanakan Penyusunan Anggaran 2020

Singkat dikatakan, Tahun Baru Islam merupakan suatu hari yang penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati penghijrahan Nabi Muhammad saw. dari Kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.

“Peristiwa bersejarah itu terjadi pada 1 Muharramtahun baru bagi kalender Hijriyah. Namun Tahun Hijrah Rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah itu diambil sebagai awal perhitungan bagi kalender Hijriyah,” pungkasnya.

Menutup keterangannya, Kaisuku atas nama pengelolah rumah Inspirasi menyampaikan terimakasih kepada pemerintah negeri Iha dan Kulur. Para pimpinan lembaga pendidikan formal di kedua negeri mulai dari tingkat dasar hingga atas.

“Para kepala sekolah staf dan jajaran dewan guru di negeri Iha Kulur. Ade-ade pelajar serta para pemuda dan pengurusnya, terimakasih atas partisipasi aktifnya,” cetus dia

Direktur Rumah Inspirasi ini juga menyampaikan terimakasih kepada tokoh pendidik, Bapak Ramli Pikahulan yang telah melayani tamu rumah Inspirasi dari MUI kota Ambon.

Hadir dalam majelis dzikir tersebut, Tokoh adat Haji Sad Kaisupy, Tukang Besar Masjid Iha, imam masjid Iha dan Kulur, tokoh pendidikan Ramli Pikahulan, anggota DPRD H. Rahim, komandan dan anggota BKO pos Iha dan Luhu.

Hadir pula mendampingi para pelajar, perwakilan SD Negeri Iha Kulur, SD Inpres Iha Kulur, SD Negeri Luhu Lama, SMP N 2 Seram Barat, Madrasah Tsanawiyah Iha Kulur dan MA BPD Iha Kulur.***

About admin

Check Also

Kemenag Maluku Gelar Bimtek Simponi

AMBON,N25NEWS.com –  Kantor wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Maluku melalui Bidang Bimais Islam melaksanakan Bimtek …