Akibat Sering Labuhkan Jangkar Di Kawasan Lava Flow Pulau Banda,Terumbu Karang Terancam Rusak

BANDA,N25NEWS.com-Terumbu karang yang berada di kawasan,lava flow pulau Banda terancam rusak.

Pasalnya wilayah tersebut sering dijadikan area tambatan  jangkar perahu  pengumpul pasir dan batu masyarakat setempat.

“Kawasan tersebut merupakan lava flow,karena pada tahun 1988 gunung api Banda meletus,akibatnya lahar menutupi semua pemukiman penduduk dan terumbu karangnya sangat indah,”ungkap Dosen Ilmu Perikanan dan Kelautan,Hatta Sjahrir Budiono Senen,Spi.Msi angkat bicara kepada N25NEWS.com,belum lama ini.

Menurutnya,masyarakat masih belum memahami betapa pentingnya terumbuh karang.Selain itu,nelayan sering membuang jangkar mendadak membuang jangkar sembarangan di area spot Pulau Banda.Padahal wilayah perairan yang kini sedang gencar dipromosikan Pemda Maluku sebagai kawasan wisata bahari bukan area buang jangkar.

“Kita tahu bahwa kawasan gunung api Banda tersebut terdapat berbagai spot untuk daving yang cukup terkenal dan ada beberapa jenis terumbuh karang yang sangat unik dan yang paling terkenal adalah jenis karang Agropora Des Alwi,”ujarnya.

Baca juga :   Dua Tahun Berdiri Yayasan Pelangi Maluku  berkomitmen Klinik Ini Dapat Diakses Berbagai Komunitas

Lebih lanjut dikatakannya,untuk mengatasi hal ini,pihaknya telah bekerja sama dengan pihak terkait guna memberikan sosialisasi serta edukasi agar bagaimana masyarakat jangan membuang sampah.Permasalahan utamanya adalah masyarakat masih membuang jangkar yang memang dijadikan spot-spot diving.

“Olehnya kami telah melakukan sosialisasi,belum bisa kita lakukan secara keseluruhan karena yang kami lakukan adalah terlebih dahulu kami lakukan survei pada lokasi itu saja melalui aparat desa,”jelasnya.

Adapun,dirinya juga meminta Pemda Maluku juga memberikan sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat sehingga masyarakat paham.

“Harapan kami dengan adanya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat,wisata bahari ini akan menjadi warisan bagi anak cucu kita,”tandasnya.

Reporter : Sarifudin Wala

Editor : Aris Wuarbanaran

Check Also

Latuconsina: Ada Keterlibatan Pimpinan Partai Lain Dalam Kisruh Internal Golkar Maluku

AMBON,N25NEWS.com-Wakil Ketua Bidang Kepartaian Bisri A.Sidiq Latuconsina mengatakan kader Partai Golkar yang tidak puas dengan …