Aksi Demo HMPK Berakhir Bentrok Dengan Sekurity Unpatti Ambon

AMBON,N25NEWS.com- Aksi demo dari Himpunan Mahasiswa Peduli Kampus Universitas Pattimur (Unpatti) Ambon bersama beberapa pedagang Pujasera yang berjumlah sekitar 100 orang,berakhir ricuh.Para mahasiswa terlibat bentrok dengan pihak security kampus.

Kericuan itu berawal dari aksi para mahasiswa melakukan  pengrusakan  terhadap salah satu prasasti milik kampus Unpatti, dan memicu kemarahan pihak keamanan (Security) kampus sehingga terjadi pelemparan dari peserta aksi kepada pihak Security dan dilanjutkan dengan pengejaran terhadap peserta aksi oleh pihak Security kampus.

Adapun,beberapa saat setelah berorasi, para mahasiswa berniat masuk ke dalam gedung rektorat. Namun dihalangi sejumlah sekurity kampus.Mahasiswa pun melakukan perlawanan yakni pelemparan terhadap gedung Rektorat Unpatti,yang mengakibatkan beberapa kaca jendela milik gedung tersebut pecah.

Sekitar pukul 14.00 WIT,  personil Polsek Teluk Ambon tiba didepan gedung Rektorat Universitas Pattimura,namun dari peserta aksi menolak adanya kedatangan dari pihak Kepolisian di dalam kampus universitas.

Baca juga :   Pemuda Desa Kawa SBB Tewas Ditikam Orang Tak Dikenal

Adapun,dalam aksi demo itu,mahasiswa menyampaikan 6 tuntutan mereka,yaitu meminta transparansi pengelolaan anggaran Badan Usaha Milik Kampus dalam hal ini Pujasera,turunkan retribusi sesuai pendapat Pujasera,meminta pertanggung jawaban Wakil Rektor IV,terkait perjanjian kontrak yang dibuat sepihak.

“Kami juga meminta untuk stop pungli (pungutan liar) di Pujasera,meminta untuk TNI/Polri untuk stop menginterfensi kehidupan kampus,serta meminta Wakil Rektor IV agar meminta maaf kepada pedagang Pujasera atas sikap arogansi terhadap pedagang Pujasera pada pertemuan tanggal 14 Februari 2020 yang lalu,”tegas Korlap Akbar Hatapayo.

Akhirnya massa peserta aksi demo berhasil bertemu dengan Wakil Rektor II,Dr. Yance Ciptabudi  SH, M.Hum,

“Saya minta adik-adik mahasiswa bisa langsung Tanya kepada ibu-ibu yang ada di Pujasera,pada saat mereka tandatangan dengan siapa dan dikumpulkan oleh siapa,”tandas Yance Ciptabudi.

Reporter          : Aris Wuarbanaran

Editor              : Redaksi

 

Check Also

UPT Pemasyarakatan Sabet Penghargaan Dari Dirjenpas

AMBON,N25NEWS.com  – Delapan Unit Pelaksana (UPT) Pemasyarakatan di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan …