Antisipasi Peredaran Beras Plastik Dan Stabilitas Harga,Pemda Bursel Akan Terus Gelar Operasi Pasar

AMBON,N25NEWS.com-Mengantisipasi beredarnya beras plastik di Kabupaten Buru Selatan (Bursel),maka Pemda setempat akan secara rutin melakukan operasi pasar,guna menjaga stabilitas harga dan inflasi di Bursel.

Hal ini dikatakan,Bupati Bursel,Tagop Sudarsono Soulisa kepada awak media di Namrole,selasa (19/2).

“Tadi (18/2) setelah kita mengadakan operasi pasar,kita tidak menemui adanya peredaran beras plastik di beberapa pasar pada Kota Namrole dan saya kira beras plastik yang masuk itu kan adanya kebocoran yang dilakukan oleh para pedagang yang nakal,”kata Tagop.

Menurutnya,berbagai harga kebutuhan pokok di pasar sangat berpengaruh pada transportasi laut (tol laut),harga pasar agak menurun sebab belum ada kapal yang masuk dan itupun melalui jalur Ambon sehingga harganya naik lagi.

Dijelaskannya,Pemda Bursel telah menyampaikan permasalahan ini ke pemerintah pusat (Pempus),namun proses tol laut ini harus menggunakan tender.Di tahun 2020 ini Pemda Bursel baru selesai tender.

“Jumlah konteiner yang masuk di Bursel tahun ini menagalami penurunan karena kapasitas kapal.Awalnya kita dapat 25 konteiner per satu kali trip,namun kapasitas maka kita hanya dapat 9 konteiner saja,”jelas Tagop.

Ia menambahkan tidak stabinya kondisi pasar,maka mengakibatkan terjadi flutuasi harga di pasar.

“Untuk itu,saya berharap pedagang harus juga ikut memberikan kontribusinya bagi Bursel.Makanya kita akan menata pasar dan pesagang,jadi pedagang grosiran tidak mengecer jadi khusus grosiran,sebalinya sama dengan pedagang enceran,”tandas Tagop.

Editor : Aris Wuarbanaran

Check Also

BNNK Bursel Ajak Masyarakat Cegah Covid-19 Dan Hindari Narkoba

NAMROLE,N25NEWS.com- Badan Narkotika Nasional Kabupaten/Kota (BNNK) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) mengajak masyarakat untuk bersama melawan …