Antisipasi Virus Corona Pemprov Maluku Siapkan Tiga Rumah Sakit Regional

AMBON,N25NEWS.com-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku,melalui Dinas Kesehatan provinsi mentiapkan tiga Rumah Sakit (RS) regional,yang menjadi reginalisasi pada tingkat kabupaten/kota,guna mengantisipasi kemungkinan adanya pasien yang terinfeksi virus corona.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku,Meykal Pontoh kepada awak media di Kantor Gubernur Maluku,senin (9/3).Upaya ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus yang berasal dari Wuhan China tersebut.

“Kita telah melakukan penyiapan mulai dari tingkat Puskesmas sampai RS,bahkan kita siapkan juga untuk dilakukan isolasi.Selain itu,kita juga melakukan cek and ricek dan memantau langsung kesiapan tiga RS regional yakni,RS Maluku Tenggara,RS Maluku Tengah dan RS di Buru,”ungkap Pontoh.

Lebih lanjut,dikatakannya beberapa Rumah Sakit di kabupaten/kota lainnya seperti RS di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT),yang tadinya bukan merupakan RS regional,namun RS KKT siap.Begitu pula dengan RS di Kepulauan Aru yang menyampaikan secara resmi kesiapan fasilitasnya.Tinggal pihaknya menunggu kesiapan RS Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

“Kita akan melakukan diteksi dini dan respon cepat juga pada setiap penumpang kapal yang berasal atau melakukan pelayaran dari daerah endemis akan kita diteksi dengan thermal scanner yang mendeteksi panas tubuh,”tandas dia.

Kendati sampai sekarang provinsi Maluku dinyatakan aman dari virus corona,tapi Pontoh memintah seluruh kabupaten/kota selalu meningkatkan kewaspadaan,terutama puskesmas,klinik kesehatan dan rumah sakit.

Reporter : Aris Wuarbanaran

Editor : Redaksi

Check Also

Danrem 151/Binaiya,Kasus Covid-19 Di Maluku Terjadi Penurunan

AMBON,N25NEWS.com-Dandrem 151/Bianaiya Brigadir Jenderal Aristoteles Paplapna Ritiauw yang adalah Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi …