ASDP Tidak Boleh Operasi Bila Feri Bersandar Di Waai

AMBON,N25NEWS.com-Warga Desa Liang Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) mengacam ASDP tidak usah beroperasi di jalur (dermaga) desa Liang,bila kapal feri nantinya bersandar di dermaga Desa Waai.

Hal tersebut dikatakan salah seorang penumpang feri (DA) kepada media N25NEWS.com,via Whatsapp langsung dari pelabuhan Hunimua,belum lama ini.

Menurut DA,warga Liang tidak terima rencana dipindakan sementara operasi kapal feri di desa Waai,sebab naiknya air laut hingga menutupi dermaga bukanlah kesalahan mereka,namun karena bencana alam.

“Apabila operasi kapal feri ASDP dalihkan ke dermaga Waai,maka ASDP jangan harap kembali lagi beroperasi di sini (dermaga Hunimua),”ancam warga liang.

Lebih lanjut DA menambahkan pada sabtu (13/3/2020) kemarin salah seorang anggota DPRD Provinsi Maluku Anos Yermias,yang kebetulan berada di lokasi tersebut sempat meminta warga Liang untuk tidak emosi,sebab pemindahan operasi feri ke desa Waai hanya sementara.

Selain itu,kata dia pemindahan itu dilakukan karena pihak ASDP akan melakukan perbaikan dermaga Hunimua pada tanggal 23 Maret 2020 ini,akibat rusak karena bencana alam beberawap waktu lalu.

Baca juga :   Jemaat Imanuel Amahusu,Gelar Diskusi Pencegahan Radikalisme Dan Sadar Konstitusi Berbasis Komunitas

“Kita tidak ingin pemindahan operasi feri sementara ke Waai karena akan mematikan mata pencaharian masyarakat desa Liang,maka itu kami minta feri tetap harus beroperasi di di Liang,”tegas warga tersebut.

Sementara itu,pada kesempatan yang sama mantan Kepala Desa Liang memberitahukan kepada Yermias kalau lahan dermaga ini adalah pemberian dari negeri Liang,bukan dari siapa-siapa.

Adapun,menurut mantan raja tersebut,tidak ada warga siapa pun yang bisa mengklaim tanah yang sudah dipergunakan ASDP milik siapapun atau keluarga Rumahlessy.

“Untuk itu,saya harap DPRD Provinsi Maluku dalam hal Komiai C,untuk segera memanggil warga yang mengklaim sebagai pemilik lahan,untuk menunjukan bukti kepemilikan agar tidak terjadi spekulasi,”tandas mantan raja tersebut.

Reporter : Aris Wuarbanaran

Editor : Redaksi

Check Also

Genjot Pembangunan Pondasi Mesjid Desa Nang,Satgas Pra TMMD Dan Warga Bahu Membahu

HALSEL,N25NEWS.com-Masjid Desa Nang yang masuk dalam sasaran pengerjaan pembangunan Fisik TMMD ke 112 Kodim 1509/Labuha …